JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Akhirnya Sido Bakdan, THR 8.600 PNS Sragen Bakal Dicairkan Besok Tanggal 26 April. Bu Menteri Sebut Ada Tambahan 50 %

Dwiyanto. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 8.600 pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Sragen bisa nyicil ayem menjelang Lebaran ini.

Pasalnya Pemkab segera mencairkan tunjangan hari raya (THR) bagi semua pegawai di lingkungan Pemkab Sragen.

Kabar terbaru dari Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), tunjangan untuk membantu kebutuhan berlebaran para abdi negara itu akan dicairkan tanggal 26 April mendatang.

Kepala BPKBD Kabupaten Sragen, Dwiyanto mengatakan pencairan THR bagi pegawai dijadwalkan akan dilaksanakan 26 April mendatang.

“Sudah kita siapkan. Rencana (THR) pegawai Insya Allah akan dicairkan tanggal 26 April 2022 Mas,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (20/4/2022).

Dwiyanto menyampaikan jumlah PNS di Pemkab Sragen yang dialokasikan mendapat THR tercatat sebanyak 8.600 orang.

Mereka tersebar di instansi baik di lingkungan Setda Pemkab maupun di semua organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kecamatan.

Untuk mekanisme pencairan, nantinya dijalankan dengan mengacu peraturan pemerintah No 16/2022 tentang THR. Yakni dari SKPD atau OPD mengusulkan pencairan ke BPKPD.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

Selanjutnya BKPBD akan mentransfer THR ke OPD sesuai dengan kebutuhan untuk selanjutnya dicairkan ke masing-masing PNS penerima.

Terpisah, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam keterangan persnya kepada wartawan menyampaikan kementerian dan lembaga sudah dapat mulai mengajukan surat perintah membayar THR ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mulai Senin (18/4/2022).

Hal tersebut berlaku untuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah, TNI, Polri, serta pensiunan.

Sementara pencairan THR direncanakan dimulai pada periode H-10 dari hari Idul Fitri.

“Dalam hal ini K/L akan mengajukan surat perintah membayar ke KPPN dimulai Senin nanti yaitu 18 April 2022 dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai mekanisme yang berlaku,” ujarnya, Sabtu (16/4/2022).

Namun, apabila K/L pusat dan daerah terkendala dalam pemberian THR 10 hari sebelum Lebaran, diizinkan melakukan pembayaran sesudah Lebaran 2022.

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

“Saya berharap semuanya akan bisa dilakukan mulai pada H-10 sehingga dalam hal ini ASN dari pusat dan daerah, TNI, Polri, dan pensiunan sudah bisa menerima THR sebelum hari raya,” ucapnya.

Rincian THR dan gaji ke-13 ASN

Menkeu membeberkan komposisi THR ASN tahun ini akan lebih besar dari tahun 2020 dan 2021, yakni ditambah dengan 50 persen tunjangan kinerja per bulan.

Maka, untuk THR dan gaji ke-13 tahun 2022 ini diberikan sebesar gaji dan pensiunan pokok, ditambah tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok.

Yaitu tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural atau fungsional umum.

Aturan pemberian THR ASN 2022 telah diatur pemerintah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022.

Tahun ini terdapat 1,8 juta pegawai ASN pusat, 3,7 juta pegawai ASN daerah, dan 3,3 juta pensiunan di seluruh Indonesia yang akan menerima THR ASN. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com