JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cara Sembuhkan Sariawan dengan Cepat

Ilustrasi bibir sariawan. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Sariawan sering timbul pada saat musim pancaroba. Sariawan merupakan lesi atau bisul kecil yang terjadi pada jaringan lunak yang ada dalam mulut atau gusi, seperti dikutip dari Mayoclinic.com

Sariawan merupakan penyakit tidak menular, meski begitu selain terasa menyakitkan sariawan juga dapat menyebabkan kesulitan bicara dan makan.

Pada umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam satu hingga dua pekan. Tetapi apabila sariawan tidak segera sembuh dan semakin parah dalam kurun waktu tersebut sebaiknya penderita sariawan memeriksakan diri ke dokter gigi.

Jenis Sariawan

Sariawan sendiri memiliki beberapa jenis yaitu, sariawan minor atau ringan, sariawan besar atau mayor, dan sariawan herpetiform. Sariawan ringan biasanya berukuran kecil, berbentuk oval dan pinggirannya merah. Sariawan jenis ini dapat sembuh tanpa bekas luka.

Selanjutnya, ukuran dari sariawan mayor lebih besar dari sariawan ringan dan terasa sangat sakit. Bentuknya juga bulat, namun jika sudah terlalu besar tepiannya menjadi tidak beraturan. Untuk penyembuhannya juga memakan waktu yang lebih lama hingga enam minggu dan dapat meninggalkan bekas.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Sedangkan sariawan herpetiformis ini jarang terjadi, meskipun sekilas namanya seperti herpes, sariawan ini tidak disebabkan oleh infeksi virus herpes.

Ukurannya juga beragam, ada yang kecil dan besar terkadang yang berukuran kecil bergabung menjadi satu dan pinggiran lukanya tidak beraturan. Sariawan herpetiformis ini dapat sembuh dalam kurun waktu satu hingga dua minggu tanpa bekas luka.

Penyebab sariawan tidak dapat dipastikan, pasalnya sariawan bisa terjadi karena beberapa penyebab. Melansir Clevelandclinic.com, sariawan bisa terjadi karena stres dan cedera pada mulut, makanan atau buah-buahan yang asam, dan penggunaan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen. Serta, permukaan gigi yang tajam, penggunaan peralatan gigi seperti kawat gigi dan gigi palsu yang tidak pas juga dapat menyebabkan sariawan.

Menyembuhkan Sariawan

Untuk menyembuhkan sariawan, selain menggunakan obat yang dibuat dengan bahan kimia, terdapat bahan-bahan alami yang menyembuhkan. Mengutip dari Cmihospital.com, cukup menggunakan tiga bahan saja, yaitu sambiloto, jus lemon, dan madu.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Cara membuatnya cukup campurkan bubuk sambiloto dengan air panas, satu sendok madu, da satu sendok jus lemon. Minum ramuan ini selama beberapa hari hingga sariawan mulai sembuh.

Dalam sambiloto terdapat kandungan andrographolide dan antibakteri pada madu yang dapat menyembuhkan infeksi pada sariawan. Selain itu, lemon yang kaya antioksidan berupa fitonutrien yang dapat mempercepat proses pemulihan jaringan yang rusak selama sariawan.

Agar sariawan tidak sering kambuh juga dapat dicegah dengan beberapa cara, berikut yang dikutip dari Clevelandclinic.com, pertama hindari makanan yang dapat mengiritasi mulut seperti makanan panas, pedas, dan asam serta permen karet.

Kedua, sikat gigi dengan sikat yang berbulu lembut setelah makan agar terbebas dari bakteri dan makanan yang dapat memicu sariawan. Ketiga, hindari membersihkan mulut dengan produk yang mengandung sodium lauryl sulfate.

Selanjutnya, jika hal-hal tersebut tidak dapat menyembuhkan atau sariawan sering kambuh serta saat sariawan juga mengalami demam tinggi sebaiknya periksakan ke dokter gigi sesegera mungkin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com