JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar 3 Jalur Mudik Rawan Longsor di Wonogiri, Tidak Diduga Nomor 2 Kewenangan Pusat

Kendaraan melintas di Gunung Pegat, Kecamatan Nguntoronadi,Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sejumlah jalur mudik di Wonogiri ternyata rawan terjadi longsor. Hal ini tentu saja harus diwaspadai oleh pemudik Lebaran 2022 yang melintasi Wonogiri.

Paling tidak ada 3 jalur mudik rawan longsor di Wonogiri, ini dia.

1. Jalan Lingkar Kota (JLK)

Jalur-jalur yang biasa digunakan pemudik pernah terjadi longsor. Seperti di jalan lingkar kota (JLK) Wonogiri yang potensinya tinggi sekali.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, menerangkan, pada JLK terdapat tebing-tebing tanah yang curam. Sehingga, ketika hujan turun ada potensi terjadinya tanah longsor.

Baca Juga :  Operasi Ketupat Candi 2024 Selesai, Hasilnya?

2. Jalur Lintas Selatan (JLS)

Jalur lain tutur Bambang adalah jalur lintas selatan atau JLS yang merupakan jalan nasional. Titik longsor yakni di Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Namun begitu lokasi tersebut sudah dilakukan penataan

3. Gunung Belah

Kepala Dishub Wonogiri Waluyo menambahkan, area di sekitar Gunung Belah yang ada di Lingkungan Grobog Kelurahan Wuryorejo Wonogiri juga berpotensi longsor.

Menurut dia, area jalan yang terdapat tebing di sekitarnya patut diwaspadai. Harus ekstra hati-hati melewati jalan itu utamanya ketika hujan

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

“Juga ada rambu yang sudah kami pasang sebagai penanda daerah rawan longsor. Misalnya di Lingkungan Grobog itu,” tandas Kepala Dishub Wonogiri Waluyo.

Selain longsor, yang perlu diwaspadai juga tumbangnya pohon

Wilayah yang banyak terdapat pohon besar dan berusia cukup tua di antaranya di sekitar jalan yang ada di Kecamatan Selogiri, Ngadirojo, Sidoharjo dan Jatisrono. Meski begitu, sebagian diantaranya juga sudah dilakukan pemeliharaan atau peremajaan oleh pihak terkait.

Di Gunung Pegat Nguntoronadi Wonogiri juga ada potensi pohon tumbang. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com