JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hangatnya Buka Bersama Paguyuban Damar Kedhaton Sragen. Siapkan Pentas Wayangan Spesial Saat HUT Sragen

Para pengurus dan anggota Paguyuban Damar Kedhaton Nusantara Cabang Sragen saat berpose usai buka bersama di Sragen, Senin (18/4/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sedikitnya 100 orang pecinta dan pelestari budaya yang tergabung dalam Paguyuban Damar Kedhaton Nusantara Cabang Sragen menggelar buka bersama, Senin (18/4/2022) petang.

Agenda buka bersama itu sekaligus dijadikan ajang silaturahmi dan perkenalan para insan pegiat, pemerhati, pelaku seni budaya hingga pengusaha yang peduli dengan budaya di Bumi Sukowati itu.

Buka bersama diprakarsai oleh pangarsa atau Ketua DPD Damar Kedhaton Nusantara Sragen, K.P Agus Lestari Harjo Diningrat, SE MM.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPD Sragen, K.R.R.A Ir Suwardi Joyonagoro dan beberapa ketua atau pangarso DPD di Soloraya.

Seperti pangarso DPD Karanganyar, K.R.A Kurdiyanto Nagoro A.Md, pangarso DPD Sukoharjo K.R.T Suranto Nagoro dan pangarso DPD Kota Surakarta K.R.A.T Budiyanto Curigo Adi Nagoro.

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , KP Agus Harjodiningrat mengatakan paguyuban Damar Kedhaton terbentuk pada 29 Januari 2022 dengan Ketua Umum K.G.P.H Adipati Benowo melalui deklarasi yang digelar di Dalem Pura Benawan, Pengging, Boyolali.

Baca Juga :  Kronologi Penangkapan Wahyu alias Kenyung Tersangka Hipnotis Nenek-menek di Plupuh Sragen, Pelaku Berhasil Membawa Kabur Uang Tunai 20 Juta, 5 Sertifikat Tanah dan Perhiasan
Ketua DPD Damar Kedhaton Nusantara Sragen, K.P Agus Lestari Harjo Diningrat, SE MM bersama para tokoh dan sesepuh Paguyuban Damar Kedhaton Nusantara. Foto/Wardoyo

Di Sragen, sejauh ini anggota sudah tercatat sebanyak 100an orang lebih. Mereka berasal dari berbagai kalangan pelestari budaya, pecinta budaya, tokoh-tokoh h okngga pemerhati budaya.

“Hari ini, kita mengadakan buka bersama yang dihadiri semua anggota di Sragen. Juga hadir para pangarso atau Ketua dari Soloraya. Tujuannya untuk pitepangan atau perkenalan satu sama lain sekaligus menjalin silaturahmi agar saling mengenal,” paparnya di sela buka bersama.

K.P Agus Harjodiningrat yang juga pengusaha asal Mondokan Sragen itu menguraikan selain buka bersama, pertemuan petang tadi juga diadakan acara pemberian santunan untuk yayasan yatim piatu.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan bisa mempererat silaturahmi sekaligus menumbuhkan semangat kepedulian antar sesama.

Ditambahkan K.P Agus Harjodiningrat, agenda pertemuan untuk buka bersama itu memang baru pertama kali digelar.

Nantinya sudah disusun sejumlah agenda untuk menyatukan para anggota di wilayah Soloraya. Yakni dengan acara halal bihalal yang akan dipusatkan di Wonogiri 28 Mei mendatang.

Baca Juga :  Wahyu alias Kenyung, Pelaku Hipnotis Nenek di Plupuh Sragen Berhasil Ditangkap di Magetan Jawa Timur Oleh Tim Macan Putih!
Ketua Umum K.G.P.H Adipati Benowo dan Ketua DPD Damar Kedhaton Nusantara Sragen, K.P Agus Lestari Harjo Diningrat, SE MM. Foto/Wardoyo

Wonogiri dipilih sebagai tempat karena anggotanya dinilai paling banyak yakni sekitar 300an orang. Sedang daerah lain termasuk Sragen baru sekitar 200an orang.

“Dalam waktu dekat di hari jadi Sragen dan menyambut bulan Muharram, kami akan menggelar pentas wayangan dan seni budaya lainnya. Dengan tujuan untuk melestarikan budaya juga. Nanti serasehan kita agendakan sebulan sekali. Yang jelas kiprah dari paguyuban ini murni untuk melestarikan budaya Jawa khususnya dan budaya Indonesia pada umumnya” terangnya.

Ketua DPD atau Pangarsa Paguyuban Damar Kedhaton Karanganyar, K.R.A Kurdiyanto Nagoro A.Md, menyambut positif acara buka bersama perdana tersebut.

Menurutnya pertemuan tersebut sangat bagus untuk menampung antusiasme anggota dengan perkembangan budaya. Paguyuban Damar Kedhaton juga lepas dari politik sehingga bisa mengawal perkembangan budaya benar-benar menjiwai menjadi insan budaya dan insan berbudaya.

“Ini sangat bagus untuk wahana mempererat hubungan silaturahmi antar anggota sesama insan budaya,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com