JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Isi Kultum di Masjid Agung Karanganyar, Gus Ilyas Sampaikan Urgensi Berdoa dan Yakin Adalah Pondasi Agama

Gus Ilyas saat memberikan Kultum di Masjid Agung Karanganyar / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gus Ilyas panggilan akrab Ketua Ketua Forum Generasi Muda Lintas Agama atau Forgimala Karanganyar,  Ilyas Akbar Almadani berkesempatan menyampaikan Kuliah Tujuh Menit atau Kultum sholat Taraweh di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, Rabu (20/4/2022).

Pada tausiyahnya Gus Ilyas menekankan dua hal pondasi agama yakni berdoa dan yakin yang sangat vital bagi kehidupan manusia di dunia.

Menurut Gus Ilyas korelasi doa dan yakin tidak bisa dipisahkan karena berdoa tanpa yakin tidak akan sampai pada Alloh SWT begitu dan sebaliknya.

Untuk itu semua umat beragama apapun khususnya umat Islam harus menghayati mengimani urgensi doa dan yakin.

Baca Juga :  As Roda Patah, Truk Tangki Muatan Air Terguling di Kawasan Perkebunan Ngargoyoso, Karanganyar

“Salah satu inti agama  adalah doa dan didalam agama melekat terkandung iman yang berarti meyakini atau yakin,” ungkapnya ditemui disela Kultum, Rabu (20/4/2022).

Untuk itu lanjut Ilyas didalam berdoa haruslah khu’syu atau bersungguh-sungguh karena memohon pada Alloh SWT atau Tuhan, dan saat berdoa harus yakin bukan setengah-setengah.

Lebih lanjut Gus Ilyas yang juga pengusaha muda tersebut menjelaskan tiga hal penting dalam beragama sebagai kristalisasi cermin manusia terhadap Tuhannya.

Ketiga hal penting itu pertama senantiasa ingat kepada Alloh SWT (fadzkuruni adkurkum was kuruli wala takfurun), kedua, senantiasa berbuat baik kepada siapapun.  (In ahsantum ahsantum li’an fusikum wa in asa’tum falaha).

Baca Juga :  KPU Karanganyar Ajukan Anggaran Rp 73 Miliar, Bupati Isyaratkan Dicicil Mulai APBD 2023

Sedangkan yang ketiga adalah berdo’a dengan yakin kepada Allah SWT. (Wa qolla robbukum ud’uni astajib lakum).

“Jika kita selalu ingat pada Tuhan Alloh dan selalu berbuat baik serta berdoa setiap waktu dengan penuh keyakinan maka itulah prinsip beragama selain sodakoh, infak dan segala perintah dan larangan dalam Islam,” pungkas Gus llyas.

Sebagai Ketua  Forgimala Karanganyar, Gus Ilyas terus melakukan silaturahmi antar umat beragama guna meningkatkan kerukunan beragama ditengah dinamika zaman kekinian.
Beni Indra

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com