JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kontrol Vaksin Booster Pemudik, Polresta Solo Andalkan Petugas Jogo Tonggo

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak akhirnya ikut disuntik vaksn bersama perwakilan pejabat lainnya di RSUD Bung Karno, Kamis (14/1/2021). Foto: Dok Polresta Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARENEWS.COMPolresta Solo melakukan koordinasi dengan petugs Jogo Tonggo untuk mengontrol vaksin booster bagi pendatang sebagai syarat mudik. Nantinya, petugas jogo tonggo akan mendatangi pemudik yang tiba di rumahnya untuk mengecek aplikasi vaksinasi booster.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, satgas jogo tonggo akan waspada selama musim mudik lebaran 2022 meskipun kasus aktif covid-19 di Kota Solo relatif menurun. Satgas jogo tonggo nantinya ditugaskan untuk memeriksa status vaksinasi setiap pemudik yang telah tiba.

“Kita pastikan setiap pemudik mendapatkan vaksinasinya sesuai status. Kalau mereka belum vaksin kedua, kita dorong untuk vaksinasi dosis dua. Kalau pemudik belum vaksin booster, kita dorong untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga tersebut,” paparnya, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga :  Buka Kejuaraan Daerah Esport, Ganjar: Atlet Esport Perlu Kita Bina

Seperti diketahui, lanjut Kapolresta, setiap pemudik harus dapat menunjukkan hasil negatif tes PCR atau anti gen jika belum mendapatkan vaksin booster. Namun peemudik akan lolos jika mampu menunjukkan bukti vaksinasi booster.

“Itu akan kita jaring di Satgas Jogo Tonggo bersama bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah yang melakukan identifikasi atau pendataan para pemudik yang masuk Kota Solo,” imbuhnya.

Sementara itu terkait pengamanan arus mudik, Polresta Solo akan menerjunkan 750 personel pengamanan. Selain itu sebanyak tujuh pos pengamanan yang terdiri dari lima Pospam, satu Pos Terpadu dan satu lainnya Pos Pelayanan akan didirikan selama periode arus mudik lebaran 2022.

Baca Juga :  Ketetapan Kenaikan UMK 2023 Solo Molor, Gibran: Tunggunen Sik

Lima Pospam akan didirikan di semua titik batas kota, antara lain di Tugu Mahkuto, Palang Joglo, Banyuanyar, Jurug, dan Semanggi. Sedangkan, Pos Terpadu di Benteng Vastenburg dan satu lainnya Pos Pelayanan Pasar Klewer Solo.

“Termasuk juga saat Salat Idul Fitri kita melakukan setting pengaman. Hingga rangkaian periode usai Lebaran tahun ini dengan kekuatan personel gabungan,” tukasnya. Prihatsari

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com