JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Longsor Terjang Gedung SD dan Dua Rumah Warga di Ngargoyoso, Karanganyar

Tanah longsor yang terjadi di Ngargoyoso, Karanganyar / foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Bencana tanah longsor di bulan Ramadhan 2022 terjadi  di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jateng, Selasa (19/4/2022) yakni satu gedung Sekolah Dasar Berjo 01 rusak parah.

Selain itu dua rumah warga juga tertimbun longsor pada bagian sebagian bangunannya.

Camat Ngargoyoso, Wahyu Agus Pramono mengatakan kejadian itu dipicu oleh hujan deras yang terjadi pada Selasa (19/4/2022) sekira pukul 11.00-13.00 WIB.

Akibatnya, air menggenang di Lapangan Desa Berjo menerjang tembok bangunan SD Berjo 01 hingga jebol dihantam derasnya air yang masuk.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Longsor yang kali ini cukup parah hingga tembok SD Berjo 01 jebol karena air masuk kedalam gedung,” ungkap Wahyu Agus Pramono kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (19/4/2022).

Menurut Camat bangunan yang jebol tersebut adalah ruang perpustakaan karena air dari luar masuk dengan cepat.

Selain merusak bangunan SD Berjo 01, longsor juga mengenai dua rumah warga di Dusun Plesungan Rt04/09 Desa Berjo yakni rumah milik Tarto (37) dan rumah milik Mustofa (40).

Untuk rumah Tarto mengalami kerusakan pada taludnya yang longsor tergerus sehingga berpotensi menyebabkan bangunan rumah roboh, sedangkan rumah Mustofa pada bagian depan samping tertimbun longsor.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Alhamdullilah semua sudah bisa diatasi dengan gotong royong warga dan relawan serta aparat polsek dan Koramil,” tandasnya.

Untung tidak ada korban jiwa maupun luka pada longsor tersebut.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Karanganyar sudah siaga sejak awal do lokasi melakukan evakuasi tanah longsor.

“Tim BPBD Karanganyar sejak siang sudah dilokasi dan hingga malam ini masih melakukan pemantauan mengingat potensi hujan rintik-rintik mungkin terjadi,” ungkap Kepala Pelaksana Kalak BPBD Karanganyar Bagoes Darmadi, Selasa (19/4/2022). Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com