JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Perhatian, Warga Karanganyar Dilarang Takbir Keliling. Polisi Sudah Siapkan Patroli Keliling

Kapolres AKBP Arif Budiman saat mengamankan mobil penyusup yang melakukan dugem keliling saat malam takbiran di Jepara. Foto/Wardoyo
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mendekati hari akhir bulan ramadhan, Polres Karanganyar mengimbau masyarakat agar tidak menggelar takbir keliling.

Larangan takbir keliling dilontarkan demi menjaga situasi kondusif dan mencegah adanya gangguan Kamtibmas di malam takbiran.

Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo mengatakan pihaknya bersama instansi lain juga akan menggelar patroli gabungan skala besar bertepatan dengan pengamanan malam takbiran.

Di samping pemantauan di pos Operasi Ketupat Candi 2022 di sejumlah titik meliputi Exit Tol Ngasem dan Klodran Colomadu, Gondangrejo, dan Kebakkramat serta perbatasan Cemoro Kandang.

Kemudian di kawasan perkotaan juga telah didirikan Pos Terpadu di Alun-alun dan Pos Pelayanan di Karangpandan dan Tawangmangu yang merupakan kawasan wisata.

“Tidak boleh keliling (takbiran). Itu untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas,” paparnya kepada wartawan Kamis (28/4/2022).

Terpisah, Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso menambahkan masyarakat diimbau mengumandangkan takbir di masjid, mushola atau rumah saja.

Hal itu sesuai dengan surat edaran Kemenag Nomor 8 Tahun 2022 tentang panduan penyelenggaran ibadah pada bulan ramadhan dan Idul Fitri.

Namun masyarakat masih diperbolehkan apabila hendak menggelar pawai takbir keliling kampung wilayah sendiri.

“Takbiran bisa digelar di masjid sesuai sesuai aturan berpedoman aturan soal penggunaan pengeras suara,” terangnya.

Sementara itu terkait penyelenggaraan Salat Idul Fitri, dia menerangkan, masyarakat sudah diperbolehkan menggelar di tanah lapang maupun masjid dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta apabila sedang sakit disarankan tidak memaksakan diri mengikuti salat berjamaah. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com