JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Usai Dilantik Sebagai Ketua FKKT, Ilyas Berjanji Berdayakan Karang Taruna Lebih Maju dan Peka Zaman

Ilyas Abar Almadani ketika dilantik menjadi Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten Karanganyar, Jumat (1/4/2022) / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sesaat setelah dilantik sebagai Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kabupaten Karanganyar, Jateng, Ilyas Akbar Almadani berjanji akan berdayakan karang taruna lebih maju dan adaptif terhadap kemajuan zaman, termasuk di bidang teknologi.

Ia berharap wadah karang taruna akan menjadi kekuatan baru dan bukan hanya berkutat pada masalah klasik.

“Zaman sudah berkembang dengan pesat, sementara karang taruna itu yang didominasi kaum muda adalah potensi luar biasa. Maka kami bermimpi karang taruna dibawah FKKT ini bisa berkembang pesat pula,” ungkap Ilyas dalam sambutannya usai dilantik menjadi Ketua FKKT di Hotel Alana, Karanganyar, Jumat (31/3/2022).

Menurut Ilyas, guna mewujudkan program karang taruna maju tersebut dirinya sudah memiliki konsep dan strategi.

Di antara strategi itu yakni menjadikan karang taruna kenal dengan teknologi berbasis digital dan manajemen ekonomi, sehingga karang taruna bisa memiliki sumber daya ekonomi.

Dengan begitu, karang taruna bukan lagi berkutat pada problem lama di antaranta soal baju seragam melainkan bisa ekplorasi dengan perkembangan zaman kekinian.

“Di tengah zaman berkembang orang menyebut era milenial maka karang taruna juga bisa mengikuti tren, karena SDM muda andal sehingga bukan lagi hanya berpikir soal baju seragam saja, tetapi bagaimana SDM karang taruna  bisa menjadi subjek bisa memimpin sesuai tingkatannya,” tandas Ilyas.

Jika karang taruna bisa menjadi leader maka kiprah karang taruna akan diperhitungkan oleh publik dan pemangku kebijakan mulai dari tingkat desa hingga kabupaten.

Untuk itulah sebagai start awal pasca pelantikan tersebut, Ilyas mencanangkan program jambore kebangsaan yang akan dilakukan usai lebaran.

Adapun salah satu materi jambore kebangsaan adalah melakukan pembinaan untuk pemberdayaan karang taruna. Di antaranya seperti workshop dan pelatihan peningkatan SDM dan orientasi.

“Jambore kebangsaan itu arahnya seperti pelatihan, tapi dengan format soft sehingga karang taruna lebih visioner ke depannya,” pungkas Ilyas. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com