JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

5 Tips Meningkatkan Nafsu Makan

Ilustrasi makan. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makanan dan minuman merupakan sumber utama untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Jika kehilangan nasfu makan maka dapat menyebabkan kekurangan gizi dan penurunan berat badan.

Oleh karena itu nasfu makan atau keinginan untuk makan harus selalu dijaga dan diperhatikan. Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Kehilangan nafsu makan dalam waktu berhari-hari tentu memberi banyak efek buruk, terutama pada kesehatan tubuh. Untuk meningkatkan kembali nafsu makan, coba lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Sering Makan Makanan Kecil

Saat kehilangan nafsu makan, cobalah makan sesering mungkin dalam porsi kecil. Mengutip Healthline di laman healthline.com, metode ini dengan membagi 3 waktu makan utama menjadi 5 atau 6 kali waktu makan, dengan porsi sedikit. Ketika nafsu makan sudah meningkat, seseorang bisa makan di pembagian waktu normal.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

2. Jadikan Waktu Makan sebagai Kegiatan Sosial

Makan dengan orang lain dapat merangsang seseorang untuk lebih bersemangat makan. Bila sedang sendirian, seseorang bisa mengakalinya dengan makan sambil menonton televisi ataupun tayangan menyenangkan di YouTube. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makan bersama teman atau keluarga dapat meningkatkan asupan makanan sebesar 18 persen, dan makan sambil menonton TV dapat meningkatkannya sebesar 14 persen.

3. Hias Makanan

Menghias makanan sebelum disantap biasanya dapat meningkatkan selera untuk makan, karena tampilan makanan semakin rapi dan cantik. Bila terlalu malas melakukannya sendiri, cobalah pergi ke tempat makan yang penyajian makanannya terlihat bagus dan cantik.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

4. Makan dengan Piring dan Porsi Kecil

Ada beberapa orang yang sudah mual duluan melihat tumpukan makanan di piring. Sehingga membuatnya enggan untuk makan. Guna menghindari fenomena ini, gunakanlah piring kecil untuk makan, dan ambil makanan dalam porsi kecil. Sebab, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ukuran piring dapat membuat lebih ingin makan.

5. Minum Suplemen

Saat kehilangan selera makan, Shepherd Center di laman myshepherdconnection.org menyarankan agar seseorang menimum suplemen peningkat nafsu makan. Meskipun itu cara terakhir setelah berbagai cara lainnya itu dilakukan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com