JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

6 Sapi di Sragen Positif PMK, Disnakkan Tegaskan Belum Akan Tutup Pasar Hewan!

“Itu dia (peternak) beli terus nular di satu kandang gitu. Yang Plupuh itu beli dari Jatim, beli satu terus nular ke temennya. Yang di Tanon belinya di Purwodadi. Masing-masing beli satu terus nulari yang lainnya,” paparnya kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Enam ekor sapi yang positif itu berada di wilayah Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh dan Desa Slogo, Kecamatan Tanon.

Baca Juga :  Geger Beredar Grafik Kaisar Sambo dan Konsorsium 303. Seret Sejumlah Nama Jenderal, Setoran Setahun Disebut Capai Rp 1,3 Triliun

Dari enam ekor itu, tiga ekor ada di Desa Ngrombo Plupuh dan tiga ekor di Desa Slogo Tanon.

Rina menguraikan untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas, enam sapi itu langsung dikarantina dan mendapat penanganan. Yakni disupport vitamin dan asupan gizi.

Kemudian para peternak juga diminta untuk mengurangi interaksi dengan hewan yang sakit. Hal itu dimaksudkan untuk menekan potensi penyebaran virus.

Baca Juga :  Skenario Pembunuhan Keji Ferdy Sambo Terbongkar, Pengamat Beber Sederet Kemiripan Tragedi Penembakan 6 Laskar KM50. Benarkah Juga Direkayasa?

“Yang jelas harus diisolasi ternak itu, diobati dijaga asupan makan, jaga kebersihan ternak, dan kandang diberi disinfektan. Terus mengurangi interaksi manusia dengan hewan yang sakit,” terangnya.

Rina memastikan penyakit PMK itu tidak menular ke manusia. Namun manusia bisa menjadi vektor atau penyebar ke ternak lain. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com