JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

60 Ribu ASN Akan Dipindahkan ke IKN Akhir 2023

Menpan RB berencana mempercepat kenaikan pangkat bagi PNS yang ditempatkan di Luar Jawa
Foto Ilustrasi PNS. pemerintah melalui Menpan RB berencana untuk mempercepat kenaikan pangkat bagi mereka yang ditempatkan di luar Jawa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyebut, setidaknya 60 ribu Aparatur Sipir Negara (ASN) akan dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada akhir 2023.

Dengan demikian pemindahan ASN dipercepat karena dalam beberapa kesempatan sebelumnya Tjahjo mengatakan pemindahan ASN akan dilakukan awal 2024.

“Yang sudah kami siapkan adalah klaster pertama yang pindah ke ibu kota baru pada akhir 2023. Jumlahnya 60 ribu, termasuk aparatur Kejaksaan, TNI, Polri, dan ASN lainnya,” ujar Tjahjo saat berpidato dalam acara Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2022 di Solo, Senin (23/5/2022).

Baca Juga :  Ini Mekanisme Pengamanan Super Ketat di MK untuk Jamin Rapat Sengketa Pilpres 2024 Tak Akan Bocor

Tjahjo mengharapkan proses pembangunan perumahan dan pengadaan alat transportasi bagi 60 ribu ASN di IKN dapat selesai sebelum akhir 2023. Tjahjo menambahkan, lantaran Kejaksaan, TNI, dan Polri sudah menempatkan aparaturnya di IKN pada akhir 2023, pemerintah pun kini mulai merancang susunan organisasinya masing-masing.

Baca Juga :  Selain Megawati, Ternyata MK Juga Terima Amicus Curiae BEM Fakultas Hukum dari 4 PTN di Indonesia

Penyusunan organisasi ini ditargetkan rampung pada akhir 2022 ini. “Kini sedang kami godok, apakah di IKN nanti ada tingkat Kepolisian Daerah (Polda), Kejaksaan Tinggi (Kejati), tingkat Komando Daerah Militer (Kodam) atau Komando Resor Militer (Korem), dan sebagainya,” ujarnya.

Susunan organisasi ini, kata Tjahjo, juga sedang disiapkan untuk Badan Intelijen Negara (BIN) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sedangkan lembaga lainnya sudah rampung.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com