JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

9 Kantong Parkir Disiapkan Untuk Pernikahan Adik Jokowi. Jalur Kendaraan Umum di Sekitar Graha Saba Dialihkan

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade S Simanjutak. Foto: JSNews/Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Sebanyak 9 kantong parkir disiapkan untuk tamu undangan pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman pada Kamis (26/5/2022).

“Sebanyak 9 kantong parkir yang disiapkan ini sistemnya drop in. Semua pengantar nanti di pagar pintu masuk Graha Saba. Kemudian tamu undangan turun, lalu untuk driver atau mobil kita arahkan masuk ke 9 kantong parkir yang sudah kita siapkan,” terang Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

 

Haryanto, adik ipar Presiden Jokowi. Foto: JSNews/Ando

Selain menyiapkan 9 kantong parkir, rekayasa lalu lintas pun juga akan diberlakukan. “Rekayasa lalu lintas yang pertama di Simpang Girimulyo. Dimana nanti untuk seluruh kendaraan berat akan kita arahkan lurus ke arah Terminal Tirtonadi belok kiri Jembatan Keris  Kemudian sampai Palang Joglo,” imbuh Ade Safri.

Untuk mengurangi beban lalu lintas di depan Gedung Graha Saba. Di sepanjang Jl. Letjen Suprapto juga akan diberlakukan one way (satu arah) saat hari H, pelaksanaan pernikahan.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

“Kita juga akan mengalihkan arus lalu lintas dari kendaraan kecil yang akan menuju ke Jl. Letjen Suprapto. Kendaraan kecil nanti belok kanan ke arah Mangun Sarkoro, nanti tembus simpang lima Komplang,” papar Ade Safri.

Sedangkan untuk waktu pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas Ade masih belum dapat menyampaikan. Polresta Solo sendiri menyiapkan sekitar 758 personil gabungan dari TNI maupun dari Pemerintah Kota Surakarta, baik Satpol PP maupun Dishub, serta unsur pengamanan lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Solo, Hari Prihatno, saat dikonfirmasi menerangkan bahwa memang ada beberapa titik di Sumber yang dapat dijadikan kantong parkir.

“Ada beberapa titik seperti disamping Gedung Graha Saba di Sumber, kemudian belakang pom bensin Sumber. Lalu kalau gak salah di daerah Banyuanyar ada tapi di sekolahan, kalau lapangan tidak,” jelas Hari.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

Pihaknya juga tidak akan menyediakan shuttel bus untuk penjemputan. Karena tamu undangan akan menggunakan sistem dropping.

“Kita gak akan menyediakan shuttel. Sistem tamu, informasinya di drop, kemudian ditinggal pengantar di tempat yang telah disediakan. Setelah selesai nanti dijemput lagi,” katanya.

Sementara itu, persiapan sudah mencapai 95 persen. “Persiapan sudah 95%. Semua tinggal hari H terima kasih bantuannya semoga lancar,” ungkap Haryanto, kakak kandung Iriana Jokowi, ditemui di depan Graha Saba Buana.

Haryanto mengatakan bahwa dirinya bertugas untuk mengurusi tamu dan juga mengecek persiapan gedung. “Saya ngurusi tamu sama persiapan di gedung, gedung sudah siap,” katanya.

Ditanya kapan kedatangan Presiden Jokowi, Haryanto menjelaskan bahwa Presiden masih berada di Bali. “Bapak ini masih di Bali,” jelasnya. (Ando)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com