JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

AHD Siap Tampung Calon Haji, Gunakan Gedung Mekkah

Suasana asrama haji Donohudan (AHD) di Boyolali / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Persiapan dilakukan pengelola Asrama Haji Donohudan (AHD) Kecamatan Ngemplak untuk musim haji 2022.

Bahkan,  Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bersama pengelola telah melakukan pengecekan sanitasi lingkungan dan asrama di AHD.

“Kita sudah mulai persiapan, antara lain, perbaikan sarana dan prasarana yang akan digunakan selama musim haji nanti,” kata Bambang Sumanto, kepala Unit Pengelola Asrama Donohudan pada Rabu (18/5/2022).

Dijelaskan, seluruh kamar dan gedung yang akan dipakai sudah mulai dibersihkan. Bahkan, cat tembok yang kusam telah dibersihkan dan dilakukan pengecatan ulang.

Dipastikan, AHD siap menerima kedatangan Calhaj.

Baca Juga :  Polres Boyolali Ungkap Kasus Prostitusi di 8 Hotel

“Para Calhaj akan masuk AHD mulai 3 Juni pukul 08.00. Dan tanggal 4 Juni pukul 00.30 dinihari, Calhaj terbang ke Jeddah.”

Ditambahkan, AHD bakal melayani sebanyak 15.477 calhaj yang berasal dari Jateng dan DIY. Calhaj tersebut terbagi dalam 43 kelompok terbang (Kloter). Dan setiap kloter terdiri dari 360 calhaj.

Dengan jumlah calhaj tersebut, lanjut dia, maka cukup dengan menggunakan satu gedung untuk menampung seluruh calhaj dalam setiap kloter. Yaitu Gedung Mekkah dengan 3 lantai yang memiliki total 386 tempat tidur.

Sehingga dianggap sudah lebih cukup untuk menampung satu kloter Calhaj. Meski begitu, pihaknya tetap mencadangkan tempat tidur di lantai 2 dan 3 gedung Madinah.

Baca Juga :  Menara Komunikasi di Puncak Gunung Merbabu Roboh Diterjang Badai Besar

Saat ini, Gedung Madinah lantai satu masih difungsikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC).

Penggunaan lantai 1 sebagai RSDC itu dimulai sejak bulan Juli 2021 lalu. Namun mulai Januari 2022, sudah tak ada satupun pasien Covid-19 bergejala ringan hingga sedang yang di rawat RSDC.

Pihaknya juga sudah melakukan sterilisasi hingga mengeluarkan udara dari ruangan dengan alat khusus.

“Peralatan  makan juga telah disterilisasi. Sejak ada isolasi sampai sekarang kami terus lakukan sterilisasi. Ini semua dilakukan agar para Calhaj aman dan nyaman.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com