JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Akhirnya Wonogiri Punya Mal Pelayanan Publik Lokasinya di Gedung Giri Cahaya, Anggaran Pembangunan Sebesar 14 M

Spam regional Wosusokas
Dirjen PUPR Diana Kusumastuti (kanan) didampingi Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek (topi merah) melihat peta pembangunan SPAM Regional Wosusokas. Dok. Pemkab Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Akhirnya Wonogiri bakal memiliki mal pelayanan publik atau MPP.

Lokasi MPP Wonogiri adalah di Gedung Giri Cahaya di depan Makodim 0728 Wonogiri.

Rencananya MPP Wonogiri dibangun 2 lantai. Anggaran pembangunan pusat aneka jenis pelayanan masyarakat itu disebut mencapai Rp14 miliar.

Dengan adanya MPP Wonogiri, masyarakat semakin dimanjakan ketika ingin mengurus atau mendapatkan pelayanan. Pasalnya semua bisa dilakukan hanya di satu lokasi secara terpusat.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menyebutkan rencana pembangunan mal pelayanan publik adalah pertimbangan untuk peningkatan kualitas pelayanan. Pembangunan MPP juga dilakukan atas pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak.

Soal pemilihan lokasi menurut Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek, Gedung Giri Cahaya dinilai strategis untuk dibangun MPP. Letak Gedung Giri Cahaya persis di depan Makodim 0728 Wonogiri di tengah area perkotaan. Masih di ruas Jalan Jenderal Sudirman.

Pembangunan MPP bakal menelan anggaran Rp 14 miliar. Informasi yang dihimpun, sumber dana pembangunan MPP yakni Rp 11 miliar dari APBD dan Rp 3 miliar dari DAK.

Baca Juga :  Kasus Tabrak Lari Danan Sendangagung Giriwoyo Wonogiri, Korban Tewas Terduga Pelaku Berhasil Diamankan

Rencananya, pembangunan MPP bakal dilalukan di tahun ini.

“Minimal akan ada 30 both pelayanan di gedung MPP itu. Itu masih bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang ada. Aspek pelayanan yang bersifat teknis bisa masuk. Ada pelayanan dari Disdukcapil, Dinas KUKM dan Perindag dan lain sebagainya,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek baru baru ini.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menyebutkan, lahan berdirinya gedung Giri Cahaya adalah aset milik Pemkab Wonogiri. Sementara pengelolaan gedung itu dilakukan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri.

Menurut Jekek, pembangunan MPP di Wonogiri harus dimaknai sebagai komitmen Wonogiri selaku daerah yang terbuka untuk investasi. Dengan adanya MPP, maka bakal mempermudah dan mempercepat pelayanan yang diberikan.

“MPP ini merepresentasikan komitmen Pemkab Wonogiri kepada semua pihak yang berkepentingan untuk mengurus perizinan,” kata Bupati.

Baca Juga :  Tewas, Pemuda Gunung Kukusan Giriwono Wonogiri Mengalami Keretakan di Tengkorak Akibat Benda Tumpul

Sebagai informasi, sebelumnya Pemkab Wonogiri berencana membangun kantor terpadu di wilayah Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Kota. Namun karena terhantam pageblug Corona, kemampuan anggaran Pemkab Wonogiri menjadi sangat terbatas. Dan kini akhirnya Pemkab Wonogiri memastikan dibangunnya MPP di Gedung Giri Cahaya yang dulunya dikenal sebagai bioskop.

Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto menambahkan perencanaan pembuatan MPP melibatkan sejumlah OPD termasuk Dispora. MPP direncanakan dibangun dua lantai.

Direncanakan, lantai satu bakal digunakan untuk MPP dan ditampilkannya sejumlah UMKM. Sedangkan di lantai dua untuk foodcourt dan ekonomi kreatif.

“Dan akan ada ruang untuk podcast, untuk pertunjukan musik dan ruang rapat di lantai dua juga. Rencananya seperti itu,” terang dia.

Pembongkaran Gedung Giri Cahaya rencanaya bakal dilakukan pada pekan terakhir Mei hingga Juni. Sementara pada Juli, diharapkan pembangunan MPP sudah dimulai. Aris Arianto

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com