JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Baru Pertama Tampil, Bonsai Sancang milik Pengusaha Properti Jatim Langsung Borong 4 Gelar Juara di Kontes Bonsai Piala Bupati Sragen

Bonsai Sancang milik pengusaha properti asal Sidoarjo Jatim yang memborong gelar juara dalam kontes Bonsai Piala Bupati Sragen dalam rangka memeriahkan HUT ke-276 Kabupaten Sragen, Rabu (18/5/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bonsai Sancang asal Sidoarjo, Jawa Timur membuat kejutan dengan sukses memborong 4 gelar juara dalam pameran dan kontes bonsai HUT Sragen memperebutkan Piala Bupati Sragen tahun 2022.

Bonsai berusia 40 tahun lebih itu memenangi 4 kategori sekaligus menyapu bersih dua piala Bupati Sragen yang disediakan panitia.

Bonsai kekar dengan penampilan menawan itu meraih kategori baik sekali2 best in Ten, best in class dan best in event atau best in show.

Padahal, bonsai itu baru pertama kali ikut kontes setelah dipermak hampir 40 tahun oleh sang pemilik.

“Alhamdulillah sesuai ekspektasi dan target. Tapi nggak nyangka bisa borong juara best in class dan best in show,” ujar Tani Ismoyo (35), sang pengelola bonsai jawara itu kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (18/5/2022).

Tanu menguraikan bonsai itu milik pengusaha properti ternama asal Sidoarjo, Andri Kristanto. Ada dua bonsai yang ia bawa ke kontes bertajuk Wonderful Bonsai Sukowati Piala Bupati 2022 ini.

Baca Juga :  Pra Popda Karisidenan Surakarta Digelar di Sragen, Sembilan Cabang Olahraga Dipertandingkan

Selain sang jawara Sancang, ada satu bonsai kelas prospek yang juga dibawanya ke kontes di Sragen. Sancang sendiri tampil menjadi yang terbaik di kelasnya madya dan terbaik dari semua bonsai yang tampil.

“Iya, ini baru tampil perdana keluar. Usia Sancang itu sekitar 40an tahun. Saya persiapan satu minggu dan nginap 3 hari untuk ikut kontes di Sragen ini,” urai Tanu.

Tanu menambahkan ikut kontes di Sragen karena undangan dari perkumpulan penggemar bonsai Indonesia (PPBI).

Dua bonsai milik bosnya itu dipilih sebagai delegasi PPBI Sidoarjo untuk mewakili ke kontes di Sragen.

“Alhamdulillah, bawa dua bonsai. Yang satu juara umum,” imbuhnya.

Ketua PPBI Kabupaten Sragen, Parsono menyebutkan ada sekitar 600 lebih bonsai yang ambil bagian dalam pameran dan kontes Wonderful Bonsai Sukowati 2022 ini.

Selain lokal Sragen, mereka datang dari berbagai daerah mulai Soloraya, Demak, hingga luar kota. Ratusan bonsai itu terdiri dari berbagai kelas mulai dari prospek, pratama, madya, hingga utama.

Baca Juga :  Harga Gas Melon di Sragen Naik 100% Jadi Rp 30.000 Selama Idul Fitri, Politikus Nasdem Bongkar Penyebabnya

Kontes bonsai itu digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-276 Kabupaten Sragen tahun 2022.

Selain itu untuk memotivasi para pecinta bonsai sekaligus menyosialisasikan bonsai kepada masyarakat sebagai sebuah seni yang bisa menjadi ladang bisnis menjanjikan.

“Alhamdulillah animo peserta dan masyarakat sangat tinggi. Semoga ini menjadi momentum yang bagus bagi masa depan budidaya bonsai di Sragen dan nasional. Kami berharap lebih ke budidaya, bukan ndongkel atau mencari di alam. Sehingga semangatnya melestarikan alam bukan merusak,” jelasnya.

Pada kontes itu, menghadirkan juri nasional. Setiap bonsai akan dinilai dari berbagai aspek mulai dari bentuknya, keindahannya, hingga penampilannya.

“Setiap bonsai akan dapat sertifikat. Makin sering ikut kontes dan dinilai serta dapat sertifikat, otomatis nilainya akan semakin tinggi,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com