JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Cegah Klaster Hepatitis Akut, Polisi di Sukoharjo Terjun Datangi Pedagang Jajanan di Kantin-Kantin Sekolah

Tim Polsek Sukoharjo saat terjun memantau jajanan anak di kantin sekolah, Jumat (13/5/2022). Foto/Wardoyo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Munculnya wabah Hepatitis akut misterius yang sudah merenggut 3 nyawa bocah di Jakarta membawa kewaspadaan di semua daerah.

Tak terkecuali di Sukoharjo. Jajaran Polres Sukoharjo bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukoharjo Aipda Sugianto langsung bergerak dengan melaksanakan sambang koordinasi dan pemantauan penerapan protokol kesehatan di sekolah saat proses pembelajaran tatap muka (PTM), Jumat (13/5/2022).

Kegiatan tersebut dalam upaya antisipasi penyebaran Covid-19 dan Hepatitis Akut yang belakangan menjadi sorotan nasional.

Dalam kegiatan tersebut, Satbinmas dan Bhabinkamtibmas Polres Sukoharjo menyambangi SDN Sukoharjo 1 dan SDN Sukoharjo 3.

Pada saat pemantauannya, Polres Sukoharjo mengecek sarana prasarana sekolah apakah telah sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) apa belum.

Selain itu, petugas juga melakukan peninjauan terhadap kantin-kantin sekolah mengenai kebersihan lingkungan dan makanan.

Baca Juga :  Kisah Viral Petani di Sukoharjo Kena Tilang Saat Pulang Takziah Lewat Jalan Persawahan. Benarkah Kamera ETLE Sudah Merambah Persawahan?

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pelaksanaan PTM berjalan dengan lancar dan aman dari Covid-19 maupun Hepatitis Akut.

Kaur Bin Ops Satbinmas Polres Sukoharjo, Iptu Sumardi, menjelaskan, kegiatan peninjauan dan pengecekan protokol kesehatan di sekolah-sekolah.

Menurutnya langkah itu merupakan upaya dari kepolisian dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan Hepatitis Akut.

“Jangan sampai sekolah menjadi klaster dalam penyebaran Covid-19 maupun Hepatitis Akut,” ungkapnya.

Iptu Sumardi, menambahkan, dalam pengecekan di SDN Sukoharjo 1 dan SDN Sukoharjo 3, pihaknya menilai penerapan protokol kesehatan dan kebersihan sudah berjalan cukup baik.

Ia juga mengimbau kepada pihak sekolah untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan dan kebersihan, dengan harapan siswa-siswa yang melaksanakan pembelajaran tatap muka dapat berjalan dengan aman dan sehat.

Baca Juga :  Menpora Mengaku Puas Lihat Edutorium UMS Layak untuk Venue Bulu Tangkis ASEAN Para Games 2022

Sementara itu, Wuri Rahayuningsih, salah satu guru di SDN Sukoharjo 3, mengaku bahwa pihaknya telah melakukan upaya-upaya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan Hepatitis Akut.

Yaitu dengan penerapan protokol kesehatan dan pengelolaan kantin dalam bentuk snack dan nasi bungkus untuk mengantisipasi murid jajan di luar.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas perhatian dari Polres Sukoharjo dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan Hepatitis Akut di SDN Sukoharjo 3.

“Terimakasih kepada Polres Sukoharjo yang telah memberikan imbauan-imbauan, semoga dengan ini siswa-siswa dapat terhindar dari Covid-19 maupun Hepatitis Akut,” ujarnya. Wardoyo

Bagi Halaman