JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari saat Sakit Gigi

Ilustrasi sakit gigi. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja dari anak-anak hingga orang tua. Saat sakit gigi muncul, maka aktivitas seseorang akan terganggu. Rasa sakit yang muncul bisa membuat seseorang mudah emosi dan tersinggung.

Bahkan tak jarang anak-anak yang mengalami sakit gigi akan merasakan kesakitan hingga menangis.

Saat kondisi normal atau sehat, rasa kesal dan marah sebagian orang dapat diredakan dengan makanan manis. Tetapi berbeda saat sakit gigi, karena makanan manis harus dihindari. Lalu selain makanan manis, apa saja makanan yang harus dihindari saat sakit gigi?

1. Makanan bertepung

Dilansir dari Aurora Children, makanan bertepung, seperti roti lunak dan keripik kentang sebaiknya dihindari saat gigi terasa sakit. Hal itu dikarenakan ditakutkan makanan bertepung akan mudah tersangkut di antara gigi dan menyebabkan gigi terasa lebih sakit dari sebelumnya.

Sebab makanan yang mengandung pati seperti ini kemudian menjadi gula yang bisa tersangkut di dalam gigi dan memberi makan bakteri penyebab gigi berlubang di plak.

Baca Juga :  Sederet Manfaaf Kelor, Stabilkan Gula Darah sampai Lindungi dari Alergi

2. Buah jeruk

Jika memiliki gigi sensitif, sebaiknya hindari mengkonsumsi lemon, jeruk, jeruk bali, limau, dan nanas, terutama saat sakit gigi. Semua buah ini sangat asam yang bisa membuat gigi lebih sensitif. Buah-buahan ini memang bergizi, tetapi memakannya dapat menyebabkan gigi sakit dan sensitivitas menjadi lebih buruk.

3. Es
Dilansir dari Cooley Smiles, walaupun es hanyalah air yang dibekukan, mengkonsumsinya dapat mengundang sakit gigi yang semakin parah. Es dapat merusak email di gigi, mengelupasnya, dan membuat gigi rentan terhadap bakteri penyebab gigi berlubang. Mengunyah es juga dapat memecahkan tambalan dan merusak gigi, yang dapat menyebabkan sakit gigi lebih lanjut.

4. Permen yang keras
Peppermint, permen asam, butterscotch, dan lainnya adalah makanan buruk bagi gigi. Tidak hanya penuh dengan gula, tetapi juga dapat menyebabkan gigi patah dan terkelupas.

Baca Juga :  Makanan Enak ini Kaya Vitamin D

Sakit gigi yang tidak segera hilang setelah makan mungkin merupakan tanda masalah yang lebih besar seperti gigi berlubang, dan kondisi ini memerlukan perawatan.

5. Soda
Soda yang manis dan asam walaupun lezat untuk diminum, namun tak baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Ini adalah salah satu minuman terburuk untuk gigi sensitif, dan erosi email pada akhirnya akan menyebabkan pewarnaan dan gigi berlubang.

6. Makanan dan minuman asam
Saat sakit gigi, menghindari makanan yang secara alami bersifat asam adalah pilihan yang tepat. Hal itu dikarenakan dapat memperburuk sakit gigi. Misalnya, hindari tomat dan jeruk. Minuman olahraga dan soda bersoda juga dapat memperburuk sakit gigi Anda. Jangan mengkonsumsi minuman asam seperti jus jeruk, jus jeruk bali, atau jus tomat baik saat sedang sakit gigi.

www.tempo.co

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com