JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Minuman yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Ilustrasi sakit perut. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Penyakit asam lambung bisa diderita siapa saja mulai dari remaja hingga lansia. Asam lambung merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan banyak orang.

Untuk mencegah terjadinya asam lambung, seseorang penderita harus memilah makanan dan minuman agar tidak membuat Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) mereka semakin parah.

Mengutip dari laman RSUD Tulungagung, GERD merupakan penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan. Kondisi ini terjadi akibat asam lambung yang naik, yaitu kembalinya isi lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Untuk mencegah gejala asam lambung semakin buruk, ada beberapa minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderitanya. Mengutip dari Healthline, minuman ini di antaranya yaitu:

1. Teh Herbal
Teh herbal mampu meningkatkan kinerja pencernaan sehingga asam lambung dapat dicegah. Untuk mengatasi asam lambung, sebaiknya hindari teh spearmint atau teh peppermint. Selain itu, jangan lupa untuk memilih jenis teh yang bebas dari kandungan kafein, seperti teh chamomile dan licorice.

Baca Juga :  Apel Hijau Rasanya Enak dan Kaya Nutrisi

2. Susu Rendah Lemak

Susu sapi rendah lemak dan susu skim menjadi salah satu minuman yang mampu mengatasi asam lambung. Susu jenis ini berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak. Tingginya lemak pada susu sapi dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah yang dapat memperburuk gejala GERD.

3. Susu Nabati
Susu nabati adalah salah satu minuman yang baik untuk orang-orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau memiliki GERD. Susu nabati ini di antaranya susu kedelai, susu almond, susu rami, dan susu kacang mete. Minuman ini dapat menetralkan keasaman lambung dan meredakan gejala GERD.

Baca Juga :  Makanan Enak ini Kaya Vitamin D

4. Jus Buah
Mengonsumsi jus buah dapat mengatasi asam lambung. Tetapi tidak disarankan dari buah dengan kandungan asam yang tinggi, seperti kelompok buat citrus atau apel. Buah yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung, yaitu pisang, pepaya, bit, semangka, juga pir.

5. Air Putih
pH sebagian besar air adalah netral atau 7,0 sehingga dapat meningkatkan pH lambung. Selain itu, air juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan motilitas makanan keluar dari perut dan masuk ke usus kecil. Sehingga dapat membantu mengurangi gejala refluks asam.

6. Air Kelapa
Air kelapa merupakan minuman yang sangat baik bagi pengidap asam lambung. Hal ini karena air kelapa kaya akan elektrolit, seperti kalium yang mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh sehingga gejala asam lambung dapat dikontrol.

www.tempo.co

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com