JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Disdukcapil Wonogiri Gelar Jebol Adminduk di SLB Ternyata Tujuannya Seperti ini

Jebol adminduk
Disdukcapil Wonogiri melaksanakan jebol adminduk di SLB. Dok. Disdukcapil Wonogiri
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil alias Disdukcapil Wonogiri melaksanakan jebol atau jemput bola pelayanan administrasi kependudukan (adminduk).

Kali ini jebol adminduk menyasar anak penyandang disabilitas. Itu dilakukan demi terpenuhinya hak anak dalam memperoleh dokumen kependudukannya.

Kepala Disdukcapil Wonogiri Sungkono mengatakan pihaknya melakukan jebol adminduk bagi pelajar penyandang disabilitas di kabupaten terluas kedua di Jateng setelah Cilacap. Seperti yang dilakukan di SLB Negeri Wonogiri Selasa (17/5/2022).

“Ini SLB kedua yang kita kunjungi. Tanggal 12 Mei lalu kita juga ke SLB di Purwantoro,” kata Kepala Disdukcapil Wonogiri Sungkono.

Baca Juga :  23 Orang Meninggal Selama Lebaran 2024

Kepala Disdukcapil Wonogiri Sungkono menerangkan, saat di SLB Negeri Purwantoro, pihaknya mengeluarkan sekitar 112 biodata, 25 Kartu Identitas Anak (KIA) dan tujuh Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Selain itu, sejumlah SLB swasta juga telah dijadwalkan untuk dikunjungi oleh tim Disdukcapil.

“Dokumen kependudukan ini ‘kan hak setiap warga. Jangan sampai ada anak-anak penyandang disabilitas tidak mendapatkan haknya dalam hal dokumen kependudukan. Makanya kita lalukan jemput bola kesana,” tegas Sungkono.

Baca Juga :  Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Tetap Jadi Primadona Lebaran 2024

Kepala Disdukcapil Wonogiri Sungkono juga menambahkan, dokumen kependudukan adalah sesuatu yang sangat penting. Misalnya, bagi seseorang berusia 17 tahun ke atas memerlukan KTP dan didata sehingga bisa mencoblos saat ada pemilu.

“Jebol ini juga mendekatkan dan mempermudah pelayanan bagi anak-anak penyandang disabilitas. Sasarannya ‘kan sembilan SLB, ini baru dapat dua. Sudah kita jadwalkan tapi,” beber Kepala Disdukcapil Wonogiri Sungkono. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com