JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Durasi Kampanye Pemilu 2024 Menyusut Hanya 90 Hari, Siapa yang Diuntungkan?

Ilustrasi kampanye Pilkades. Foto/Wardoyo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Masa kampanye pada pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 diusulkan hanya 90 hari alias 3 bulan. Durasi ini mengkeret 4 bulan dari Pemilu 2019 yang masa kampanyenya sampai 7 bulan.

Usulan itu dikemukakan Presiden Jokowi dan sudah mengerucut ke kata sepakat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun seirama dengan usul pemerintah yang menginginkan durasi waktu kampanye ditetapkan selama 90 hari.

Pengesahan tahapan Pemilu tinggal menunggu diketok DPR pada 7 Juni mendatang.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan durasi kampanye yang jauh lebih singkat ini menimbang potensi polarisasi di tengah masyarakat. Pada Pemilu 2019, kampanye berlangsung selama 209 hari atau tujuh bulan.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

“Pertimbangan utama masa kampanye ini, agar pembelahan sosial atau pembelahan politik yang tidak berkepanjangan dan antisipasi keamanan dan sejenisnya. Jadi Insya Allah durasi 90 hari ini tidak terlalu problematik,” ujar Hasyim kepada wartawan di kantornya, Senin (30/5/2022).

Durasi masa kampanye ini sebelumnya sempat menjadi perdebatan. Pemerintah semula mengusulkan 90 hari, KPU ingin 120 hari dan fraksi DPR meminta 60 hari.

Dalam rapat konsinyering KPU, DPR, dan Pemerintah kemudian disepakati durasi kampanye adalah 75 hari dengan catatan hal-hal yang berkaitan dengan logistik pemilu perlu difasilitasi pemerintah.

Setelah bertemu Presiden Jokowi hari ini, KPU menyebut durasi kampanye disepakati 90 hari.

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

“Presiden berpesan agar kegiatan kampanye ini dilakukan dengan efisien dan efektif agar bisa mengedukasi masyarakat dalam memperkenalkan siapa peserta pemilu. Apa visi misinya yang dalam durasi waktu tidak terlalu panjang,” ujar dia.

Komisioner KPU, Yulianto Sudrajat mengatakan pemerintah juga berjanji memberikan dukungan logistik pemilu dengan menerbitkan peraturan presiden mengenai pengadaan logistik Pemilu 2024.

“Kami sangat butuh dukungan produksi sampai dengan distribusi, harus didukung semuanya, karena dari yang sebelumnya masa kampanye dan penyiapan logistik itu hampir 7 bulan dan sekarang kita padatkan waktu kampanye 90 hari,” ujar Yulianto di lokasi yang sama.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com