JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ini Daftar Lengkap 16 HP yang Disita dari Sindikat Copet Saat Konser Kangen Band di Alun-Alun Sragen. Dari Oppo sampai Xiomi!

Belasan HP yang diamankan dari sindikat 6 Copet yang ditangkap saat beraksi di Konser Kangen Band di Alun-Alun Sragen, Sabtu (28/5/2022) malam. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tim Polres Sragen meringkus enam tersangka copet yang beraksi saat perhelatan Konser musik HUT ke-276 Kabupaten Sragen yang menghadirkan Kangen Band, Sabtu (28/5/2022) malam.

Mereka dibekuk seusai beraksi di tengah kerumunan ribuan warga yang menyaksikan konser musik di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen tersebut.

Enam pencopet itu diketahui merupakan satu komplotan yang datang dari wilayah Jawa Timur.

Mereka masing-masing Faizal Muhammad alias Bondet (39) warga Dupukan RT04/04, Perak Timur, Pabean Cantikan, Surabaya. Dia berperan sebagai perekrut dan pemegang HP hasil copetan.

Kemudian Muarif aliasArif (46) warga Jalan Bulak Banteng RT 02/003, Kelurahan Sidotopo, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Dia berperan sebagai sopir.

Tersangka ketiga adalah Arif alias Hulk (29) warga Jl.Kebalen Gang.1 No.45, Krembangan, Pabean, Surabaya yang berperan sebagai pendorong calon korban.

Lantas Samsul Arif alias Rasyid (33) warga Medupat, Camplong, Sampang yang berperan menerima barang hasil copetan.

Kelima Bagus Suwandi alias Bagus (30) asal Jl Perlis Selatan, Gang.07, no.53, Perak Timur, Pabean Cantikan, Surabaya yang berperan mendorong calon korban.

Serta tersangka terakhir Alifian Maki alias Tlenger (27) warga Sampang Oben Kosabe, Kecamatan Oben, Sampang sebagai eksekutor.

Mereka sengaja datang memanfaatkan kerumunan penonton konser yang mencapai ribuan. Dari tangan pelaku, polisi menyita 16 Handphone berbagai merek.

Dari 16 HP itu, separuh di antaranya diketahui merek Xiomi Redmi dan sisanya ada Oppo, Vivo, Infinix hingga Samsung.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama mengungkapkan sindikat copet yang dibekuk itu beranggotakan enam orang.

Mereka diamankan saat konser Kangen Band di Alun-Alun Sragen, tadi malam. Keenam tersangka itu berasal dari Surabaya dan Sampang, Jawa Timur.

“Ada enam tersangka copet yang berhasil diamankan tim Satreskrim Polres Sragen saat konser Kangen Band tadi malam. Mereka satu jaringan asal Jawa Timur,” paparnya Minggu (29/5/2022).

Kapolres menguraikan sindikat copet lintas daerah itu terbongkar setelah ada laporan beberapa penonton konser yang menjadi korban pencopetan.

Mayoritas kehilangan HP mereka.
Berbekal laporan itu, Tim Satreskrim langsung bergerak melakukan penyelidikan di lokasi konser.

“Awalnya petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) mulai memperoleh laporan aduan hilangnya handphone milik beberapa penonton konser. Ada beberapa yang langsung datang ke Mapolres untuk mengadukan kehilangan ponsel serta dompetnya ke SPK Polres Sragen,” urainya.

Berbagi Tugas

Penyelidikan dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKP Lanang Teguh Pambudi. Dari hasil penyelidikan, tim berhasil mengamankan seorang pelaku copet.

Dari satu pelaku, berhasil dikembangkan hingga akhirnya menangkap kelima temannya.

Saat ini keenam pencopet tersebut telah diamankan di Mapolres Sragen berikut barang bukti hasil pencopetan.

Di antaranya 16 HP berbagai merek, dua tas dan dompet, serta mobil Avanza yang digunakan sebagai sarana beraksi sampai Sragen.

Kapolres menambahkan enam pelaku itu beraksi berbagi tugas dan peran. Ada yang mendorong calon korban, ada yang mengeksekusi, ada yang menerima barang copetan dan ada yang memantau situasi.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

“Modusnya mencari calon korban yang tengah berada di dalam kerumunan. Lalu pelaku yang lain berpura-pura mendorong dari belakang dan pelaku lainnya mengambil HP dan dompet milik korban,” jelas Kapolres.

Aksi copet memang marak dan dikeluhkan saat konser Kangen Band di Alun-alun Sragen tadi malam. Banyak penonton yang teriak kehilangan HP dan dompet mereka saat berkerumun menonton konser.

“Iya, semalam di depan panggung banyak yang teriak copet-copet,” ujar Riyanto, salah satu penonton konser Kangen Band asal Tanon. Wardoyo

Daftar HP BB Komplotan Copet Saat Konser Kangen Band:
Oppo warna hitam 1 buah
Xiomi redmi warna blue 1 buah
Infinix warna silver 1 buah
Xiomi redmi warna hijau 1 buah
Vivo warna hitam 1 buah
Oppo A54 warna hitam 1 buah
Xiomi redmi warna ungu 1 buah
Xiomi warna gold 1 buah
Xiomi warna hitam 1 buah
Xiomi redmi warna hitam 1 buah
Samsung warna hitam 1 buah
Oppo warna gold 1 buah
Infinix warna hijau 1 buah
Vivo warna hitam 1 buah
Xiomi warna hitam 1 buah
Samsung warna merah 1 buah
Dompet 2 buah warna hitam dan cokelat
1 unit kbm avansa hitam
1 buah kunci mobil avansa
Tas slempang warna hitam 1 buah
1 Buah Jaket warna Hijau (untuk menutupi pada saat eksekusi )
Sumber: Polres Sragen

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com