JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Jumlah Peserta Gowes Tour de Sragen Membeludak, Bupati Sampai Kaget. Finishnya di Obyek Wisata yang Lagi Viral

Peserta gowes Tour de Sragen dalam rangka HUT Sragen saat dilepas oleh Bupati, Minggu (22/5/2022). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM –Sebanyak 670 peserta ambil bagian memeriahkan gowes Tour de Sragen, Minggu (22/5/2022). Mereka datang dari berbagai daerah untuk menyemarakkan gowes bareng yang digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen tersebut.

Gowes dengan rute menjelajahi Sragen itu dibuka langsung oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dengan start di Alun-alun Sragen.

Para peserta dayang dari lokal Sragen, Soloraya hingga luar kota. Seperti Bogor, Majalengka, Tasikmalaya, Jakarta bahkan rekan alumni SMA Bupati semasa di Jakarta juga turut ambil bagian.

Bupati mengaku tak menyangka jumlah peserta gowes itu sangat membeludak di luar perkiraan. Dari 500 kuota yang disediakan, ternyata masih kurang.

“Kami menyediakan kuota 500 orang sehingga bertambah menjadi 670 orang. Kajari Kebumen dan Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama pun turut meramaikan. Karena mereka memang goweser. Ada peserta dari Tasik, Majalengka dan Bogor yang baru pertamakali ke Sragen. Teman-teman SMA saya dari Jakarta juga ikut. Nanti saya ketemu dengan teman-teman saat cek poin,” paparnya.

Baca Juga :  Akhirnya Ferdy Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J. Terancam Hukuman Mati

Gowes Tour de Sragen melintasi rute sepanjang hampir 100 Km. Mulai dari start Alun-alun Sragen menuju Kedawung melewati Alaska (alas karet) sampai Sambirejo kemudian Bayanan.

Setelahnya melewati Tegalrejo menuju Omah Londo Gondang. Selanjutnya melewati jalan Solo Mantingan melalui jalan Raya Sukowati (Kota Sragen) menuju tikungan Masaran belok kanan kearah jembatan Plupuh sampai Penggilingan Padi desa Ndari.

Kemudian melewati Pungsari menuju Museum Sangiran dan kemudian finish di obyek wisata New Kemukus yang lagi viral. Diperkirakan seluruh peserta sudah sampai di finish Gunung Kemukus pada jam 13.00 WIB.

Pemandangan New Gunung Kemukus dilihat dari jembatan menuju Kemukus. Foto/Wardoyo

Mengingat rute yang jauh, para peserta diberikan empat titik istirahat atau check poin. Check poin itu sengaja dipilih pada lokasi obyek wisata di Sragen.

Yakni Panggung Seni Wisata Bayanan, Omah Londo Gondang, Penggilingan Padi desa Ndari Kecamatan Plupuh dan Museum Sangiran.

“Tujuan Tour de Sragen ini adalah memperkenalkan Sragen kepada masyarakat lewat komunitas yang menyukai petualangan. Jadi kita membidik teman-teman goweser. Mereka itu biasanya mencari event di setiap daerah untuk menyalurkan hobinya. Kami menangkap peluang tersebut supaya dapat lebih menggaungkan Sragen di mana pun mereka berasal,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Capek-Capek Jungkir Balik, Tim Futsal Wartawan Tetap Kalah 0-2 dari Bupati CS. Sekda Sumbang Satu Gol

Tour de Sragen 100 K tersebut bersamaan pula dengan event Sragen Runner’s Run to New Kemukus.

Start dilakukan berbarengan dengan peserta gowes dan finishnya pun sama di New Kemukus dengan jarak tempuh 35 km. Peserta yang mengikuti berasal dari komunitas Sragen Runner dengan jumlah peserta 40 orang.

“Kami mengakomodir komunitas Sragen Runners untuk sama-sama memeriahkan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen. Para pelari ini akan menempuh jarak 35 km dan langsung menuju New Kemukus.”jelas Bupati Yuni.

Sementara Tatag Prabawanto Sekda Sragen mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut terlebih atas antusiasme masyarakat yang mendaftar dari dalam dan luar Sragen yang turut berpartisipasi dalam rangka Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen.

“Setelah 2 tahun Pemkab Sragen tidak menyelenggarakan kegiatan, semoga dengan event-event yang diselenggarakan dapat menyehatkan semuanya. Tidak hanya sehat jiwa raga tetapi juga sehat ekonominya,” ujarnya. Wardoyo

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com