JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa UNS Ajarkan Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Thailand

Dia menjelaskan bahwa media YouTube itu diarahkan untuk mengefektifkan proses pengajaran bahasa Indonesia di mancanegara.

“Pengembangan video pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kanal YouTube ini dilatarbelakangi oleh minimnya sumber belajar untuk pengajaran bahasa Indonesia pada masyarakat internasional. Dengan adanya kanal YouTube ini, diharapkan proses pengajaran bahasa Indonesia dapat berjalan  efektif dan menyenangkan,” terang Mukhibun, Selasa (24/5/2022).

Mukhibun menambahkan, konten video yang dibuatnya menekankan pada pengenalan bahasa, budaya dan wisata yang ada di Indonesia.

“Video pembelajaran yang saya buat berfokus untuk memudahkan mahasiswa asing belajar bahasa Indonesia. Konten yang saya usung berfokus pada pengenalan wisata dan budaya Indonesia, serta meningkatkan semangat para pembelajar BIPA,” lanjut Mukhibun.

Baca Juga :  Majelis Taklim SMPN 8 Surakarta Gelar Pengajian

Menurutnya, dipomasi Bahasa Indonesia di tingkat internasioanal sudah  sangat progresif. Hal itu tentu harus didukung berbagai pihak untuk mengembangkan bahan dan media pengajaran yang disukai mahasiswa asing.

“Pembelajar Bahasa Indonesia di tingkat internasional terseber di 49 negara di dunia. Ini perlu didukung para pegiat bahasa untuk mengembangkan bahan dan media ajar yang sesuai bagi siswa internasional. Pengembangan video pembelajaran di YouTube ini menjadi salah satu program yang saya usung guna menyukseskan pengajaran BIPA di Thailand,” ujar Mukhibun.

Baca Juga :  Unisri Surakarta Kirim 6 Mahasiswa Program PMM ke Unsrat Manado

Ia berharap agar dipomasi bahasa Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan membuka pelung untuk membawa kemajuan bagi bangsa dan bahasa Indonesia.

“Saya berharap diplomasi bahasa melalui program BIPA ini dapat memajukan bahasa dan bangsa Indonesia,” pungkas Mukhibun. Suhamdani

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com