JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mengenal Anggur Brazil yang Tidak Merambat, Buahnya Muncul di Batang Pohon yang Tua

Anggur Brazil
Tanaman anggur Brazil di Kebun Bibit Griya Amanah Kuryo Jatipurno Wonogiri. Dok. Pribadi
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS COM – Pasti Anda familiar dengan buah anggur atau tanaman anggur.

Nah kali ini ada tanaman Anggur Brazil yang unik dan menarik, pasalnya anggur ini berbeda dengan jenis anggur lainnya.

Jika umumnya tanaman anggur merambat, tapi Anggur Brazil ini dapat berdiri kokoh dengan batang kayu yang keras dan buahnya muncul di batang pohon yang sudah tua.

Anggur Brazil dikenal juga dengan nama jaboticaba di negara asalnya, atau Anggur Batang atau Anggur Pohon kalau masyarakat Indonesia menyebutnya.

Tumbuhan ini dikenal dengan buahnya yang berwarna ungu-kehitaman dengan daging buah berwarna putih dan tumbuh di batang pohon. Buahnya dapat dimakan langsung atau dijadikan jelly, selai, dan jus.

“Kalau masih muda, rasanya asam. Tapi kalau sudah benar-benar matang, rasa buahnya manis legit,” beber Tarmin pemilik Kebun Bibit Griya Amanah Kuryo Jatipurno Wonogiri kepada wartawan, Senin (9/5/20229.

Baca Juga :  Kesehatan Jiwa hingga Gigi 359 Polisi Wonogiri Diperiksa, Terungkap Sudah Alasannya

Anggur Brazil (Myrciaria cauliflora) atau dikenal juga dengan nama jaboticaba harganya masih cukup mahal. Untuk bibit Tarmin membandrol dengan harga Rp80-250 ribu sementara untuk yang siap buah dan berbuah harga kisaran Rp1-2,5 juta.

Tidak hanya Anggur Brasil, di Kebun Bibit Griya Amanah juga dikembangkan Buah Black Sapote yang berasal dari Meksiko. Buah ini baru ramai dikembangkan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Menurutnya jika masyarakat ingin membeli aneka bibit buah dan tanaman bisa menghubungi kebun bibit griya amanah di 085293174612
atau bisa langsung ke

https://goo.gl/maps/mNWawQBEeLKHuZ6K8

Sementara momen mudik Lebaran 2022 digunakan Tarmin untuk mengenalkan aneka jenis tanaman melalui bazar dan pasar murah Lebaran 2022.

Di bazar dan pasar murah Lebaran 2022 tersebut aneka bibit buah dan tanaman disajikan kepada masyarakat khususnya perantau Wonogiri yang mudik ke kampung halaman.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kebun Bibit Griya Amanah, yang beralamat di Kuryo Kelurahan Jatipurno Kecamatan Jatipurno Wonogiri Jawa Tengah.

Baca Juga :  Operasi Ketupat Candi 2024 Selesai, Hasilnya?

Kegiatan bazar dan pasar murah Lebaran 2022 aneka bibit buah dan tanaman dilaksanakan pada Kamis-Minggu (5-8/5/ 2022).

Selain mengenalkan aneka bibit buah dan tanaman, kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangannya menjadi lebih produktif. Yakni dengan ditanami buah-buahan seperti alpukat, jeruk, sawo, pisang, durian dan aneka bibit buah lainnya.

“Sehingga walaupun ditinggal perantau lahan pekarangannya tidak terbengkalai,” ungkap Tarmin.

Setelah diperkenalkan bibit tanaman hasil perbanyakan cangkok dan sambungan serta prospek dari tanaman buah, salah satu pemudik dari Kecamatan Slogohimo Wonogiri Purwanto tertarik untuk menanam alpukat. Dia langsung memesan 50 batang bibit alpukat berbagai jenis untuk ditanam di lahan pekarangannya.

Selain membeli bibit, Purwanto juga minta untuk ditanamkan sekalian. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com