JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Penuh Haru, Jenazah Oemarsono, Mantan Gubernur Lampung dan Bupati Wonogiri Kelahiran Sragen Dimakamkan Pagi Ini di Masaran

Pemberangkatan jenazah mantan Gubernur Wonogiri dan Gubernur Lampung, Oemarsono ke pemakaman keluarga di desa Gebang, Masaran, Sragen, Senin (23/5/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mantan Bupati Wonogiri dan Gubernur Lampung era orde baru, Oemarsono dimakamkan Senin (23/5/2022) pagi di Desa Gebang, Masaran, Sragen.

Putra kelahiran asli Dukuh Cungul, Desa Gebang, Masaran, Sragen itu dimakamkan pagi tadi di pemakaman keluarga di Desa Gebang, Masaran.

Pemakaman berlangsung penuh haru. Dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, pejabat kelahiran 1940 itu dimakamkan dengan diiringi ratusan pelayat.

Puluhan karangan bunga ucapan duka cita juga menghiasi pelataran rumah duka di Dukuh Cungul RT 35. Kades Gebang, Jumanto mengatakan pemakaman dilangsungkan pukul 09.00 WIB.

“Pemakamannya di makan keluarga Eyang Guru di Cungul, Desa Gebang. Beliau memang kelahiran asli Cungul, Gebang, Masaran. Pernah menjabat Bupati Wonogiri 2 periode, Wakil Gubernur Lampung dan Gubernur Lampung tahun 1998-2003. Waktu zaman orde baru,” papar Jumanto seusai pemakaman.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

Prosesi pemakaman berlangsung khidmat. Selain keluarga, almarhum dikebumikan dengan diantar ratusan pelayat dari warga, kolega dan beberapa pejabat setempat.

Kades menguraikan meski menjabat di Wonogiri dan Lampung, almarhum masih memiliki rumah di Dukuh Cungul, Gebang.

Semasa masih aktif menjabat sebagai Gubernur Lampung, bahkan tiap liburan panjang, almarhum selalu menyempatkan waktu untuk menengok rumahnya di Gebang.

“Beliau punya kediaman di Madyotaman Solo. Tapi kalau pulang liburan selalu mampir ke rumah di Gebang. Karena rumah orangtuanya memang di Gebang,” jelasnya.

Oemarsono tercatat menjabat sebagai Bupati Wonogiri periode 1985 hingga 1995. Selanjutnya ia naik karier dengan menjabat sebagai Wakil Gubernur Lampung pada tahun 1995-1998.

Puncak kariernya ketika berhasil menjabat sebagai Gubernur Lampung pada tahun 1998-2003.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

“Iya benar. Beliau pernah menjabat Gubernur Lampung periode 1998-2003. Beliau kelahiran Gebang, Masaran, Sragen. Pernah menjabat Bupati Wonogiri juga,” papar Sekda Sragen, Tatag Prabawanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Tatag menjelaskan almarhum merupakan putra asli Sragen yang sukses menjabat sebagai bupati Wonogiri hingga Gubernur Lampung.

Almarhum merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.
Oemarsono meninggal dunia di usia ke-82.

Berdasarkan kabar yang beredar, almarhum mengembuskan nafas terakhirnya pukul 12.10 WIB di RSUD dr Moewardi Solo.

Kabar duka itu juga beredar luas di media sosial melalui pesan WhatsApp (WA).

Almarhum meninggalkan seorang istri, tiga anak dan enam cucu. Selain pernah menjabat sebagai Bupati Wonogiri, Oemarsono juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Lampung pada 1995-1998. Setelahnya, menjabat sebagai Gubernur Lampung pada 1998-2003. (Wardoyo)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com