JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Siap-Siap, 72 Kios di Dekat Pasar Nglangon Sragen Ini Bakal Dibongkar Tanpa Ganti Rugi. Padahal Ada yang Dibangun Tingkat

Deretan kios di sepanjang jalan wilayah Batuar dekat Pasar Nglangon Sragen yang akan dibongkar tanpa ganti rugi. Mereka selanjutnya akan ditempatkan di pasar baru di seberang jalan yang saat ini sudah mulai dibangun. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sekitar 72 kios di wilayah Batuar tepatnya di sepanjang jalan menuju Pasar Nglangon, Karang Tengah, Sragen dipastikan bakal dirobohkan.

Puluhan kios yang berdiri sejak belasan tahun itu bakal dirobohkan seiring dengan pembangunan pasar terpadu pengganti 3 pasar di Nglangon, Joko Tingkir dan Batuar.

“Iya, nanti semua kios di situ (Batuar) akan dibongkar. Nanti mereka akan kita tempatkan di pasar baru yang saat ini sudah mulai proses pembangunannya,” papar Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen, Cosmas Edwi Yunanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (23/5/2022).

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

Ia menjelaskan puluhan kios di sepanjang Batuar itu memang akan dibongkar lantaran menempati lahan milik Pemkab.

Ketika pasar baru sudah berdiri, nantinya kios-kios itu akan dirobohkan. Ia memastikan meski sudah dirobohkan, para pedagang atau pemilik kios akan mendapat ganti kios di pasar baru yang berlokasi di seberang jalan.

“Mereka statusnya kan hanya menyewa di atas lahan Pemkab. Dulu lahan itu milik desa kemudian berubah jadi kelurahan. Sehingga asetnya beralih jadi aset Pemda,” terangnya.

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

Perihal keberadaan kios yang saat ini sudah berdiri permanen dan bahkan ada yang dibangun tingkat, Cosmas menyampaikan tidak tahu menahu karena hal itu terjadi sudah jauh beberapa tahun silam.

“Informasinya malah ada kelembagaan RT juga. Tapi yang jelas itu lahannya kan milik Pemkab dan sampai sekarang mereka hanya menyewa,” jelasnya.

Saat ditanya apakah ada ganti rugi, Cosmas memastikan pembongkaran nantinya tidak akan disertai atau tidak ada ganti rugi.

“Gantinya kan nanti mereka dikasih tempat di pasar baru,” jelasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com