JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sidak Pasar Hewan Nglangon, Bupati Sragen Ingatkan 6 Sapi Suspek PMK Sudah Dikarantina!

Meski demikian, Bupati Yuni menjelaskan kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Sebab sampai saat ini ada 6 ekor sapi yang terindikasi PMK dan telah dikarantina.

Dari 6 sapi-sapi tersebut 3 ekor sapi berasal dari desa Ngrombo Kecamatan Plupuh dan 3 ekor sapi dari desa Slogo Kecamatan Tanon.

“Hasil laboratorium dari diagnosanya belum turun. 6 ekor sapi ini baru gejala suspect, sudah kami karantina dengan indikasi masih menunggu, hasil belum bisa kita pastikan.” tutur Bupati Yuni.

Baca Juga :  Tertangkap Basah Acak-acak Lemari, Emak-Emak Ditangkap Rame-Rame di Ngrampal Sragen. Langsung Digelandang ke Polsek

Ia menambahkan saat ini upaya yang dilakukan untuk pencegahan diantaranya berupa himbauan kepada peternak agar tidak menjual hewan ternaknya yang sedang sakit.

Sementara salah satu petugas dari Disnakkan Sragen, Anna Margareta mengatakan saat ini pihaknya terus mengintensifkan pengawasan di pasar hewan dan pengecekan sapi di daerah perbatasan Sragen melalui Pos Lalu Lintas Ternak Banaran Sragen bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :  Ayam Joper di Sragen Langka, Harga Mencekik Naik 100 %. Bos Resto Ayam Geprek Sampai Bilang Begini!

Sosialisasi dan edukasi khususnya kepada peternak juga dilakukan dengan menyebarkan leaflet dan brosur mengenai PMK.

“Sebagai tindakan pencegahan kita juga membagikan disinfektan untuk kandang-kandang ternak sapi kelompok maupun ternak rakyat. Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan pasar hewan,” tandasnya. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com