JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sragen Launching E-Ticketing, Bayar Tiket Obyek Wisata Kini Tak Perlu Antri Tapi Cukup Via HP

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melaunching aplikasi E-Ticketing untuk pemesanan tiket masuk obyek wisata Gunung Kemukus secara online. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Terobosan baru di bidang transaksi tiket pengunjung obyek wisata diluncurkan oleh Pemkab Sragen.

Kini pengunjung yang ogah ribet antri membeli tiket, bisa memesan tiket masuk obyek wisata secara online.

Terobosan baru itu diterapkan melalui peluncuran sistem E-Ticketing untuk layanan pemesanan tiket obyek wisata.

Untuk tahap awal, sistem pemesanan dan pembayaran tiket secara digital itu akan diterapkan di obyek wisata New Gunung Kemukus.

Nantinya secara bertahap ditagetkan bisa merambah ke obyek wisata lainnya. Peluncuran sistem E-Ticketing itu ditandai dengan proses scan QR oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Alun-Alun Sasana Langen Putra Sragen, Jumat (27/5/2022).

Peluncuran aplikasi pembelian tiket secara online itu dirintis bersama oleh Pemkab dengan Bank Jateng Cabang Sragen serta Bank Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi inovasi baru dalam transaksi pemesanan tiket wisata melalui E-ticketing tersebut.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Desa Toyogo Sragen, Blesscon Kucurkan Dana CSR

Selain mempermudah pelayanan kepada masyarakat atau wisatawan, sistem itu juga akan mendukung upaya digitalisasi transaksi serta meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan pendapatan obyek wisata.

Karenanya ia berharap dukungan penuh dari masyarakat untuk kesuksesan penerapan sistem E-Ticketing.

Mengingat kemanfaatannya, menurut rencana digitalisasi serupa juga akan diterapkan di sektor-sektor lainnya sebagai upaya transparansi dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dengan adanya pelayanan ini, saya minta dukungan penuh dari masyarakat, karena obyek utama adalah masyarakat. Harapannya dengan sistem digital ini juga akan diterapkan di pajak restoran, pasar dan lain sebagainya,” paparnya.

Pengunjung tak perlu lagi antre di loket masuk Gunung Kemukus untuk membeli tiket.

Cukup buka ponsel dan gunakan aplikasi e-ticketing melalui alamat https://tiketwisata.sragenkab.go.id/front/index.php untuk membeli tiket secara online alias daring.

Baca Juga :  Geger, Petani di Desa Baleharjo Sragen Tewas Kesetrum Listrik di Area Persawahan Dengan Kondisi Mengenaskan

Dengan penerapan sistem Qris, maka akurasi pencatatan Pendapatan Asli Daerah dari Retribusi akan terpantau tercatat secara realtime.

Qris mampu mendeteksi seluruh aplikasi pembayaran uang eletronik dari Bank maupun Non Bank yang sudah berizin oleh BI menjadikan proses transaksi lebih cepat mudah dan terjaga keamanannya.

Sementara Deputi Kepala Perwakilan BI Solo, Gunawan Purbowo, berkomitmen mendukung digitalisasi transaksi di Kabupaten Sragen.

Festival ini digelar di Sragen karena sudah maju dalam penerapan digitalisasi transaksi keuangan.

“Sekarang meluncurkan e-ticketing untuk transaksi pengunjung yang masuk ke objek wisata New Kemukus yang nantinya bisa diaplikasikan di objek wisata lainnya di Sragen. Dengan diluncurkannya e-ticketing diharapkan digitalisasi transaksi di Sragen lebih menggema di Soloraya dan nasional,” harap Gunawan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com