JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Warga Boyolali Ini Berburu Belut Sawah Hingga Ngawi Demi Rupiah 

Warsim tengah mencari belut di areal persawahan dengan menggunakan aki dan sebatang tongkat / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Banyak jenis pekerjaan yang bisa ditekuni warga. Namun, Warsim warga Desa/Kecamatan Banyudono ini memilih sebagai pemburu belut di sawah.

Ya Warsim (43) biasa mencari belut di areal persawahan. Tak hanya di kawasan Banyudono saja, namun dia juga pernah berburu belut hingga ke Ngawi, Sragen maupun Sukoharjo. Untuk menangkap hewan yang hidup di dalam lumpur itu, dia menyetrum dengan aki motor.

Baginya, mencari belut di sawah-sawah ini cukup menjanjikan.

Dengan bermodal aki sepeda motor dan perangkat trafo serta stik besi, dia bisa menangkap sedikitnya 2 kg belut setiap hari. Harga jual belut mentah Rp 40.000/kg.

Baca Juga :  Jajaran Kejaksaan Negeri Boyolali Bagi-bagi Takjil ke Masyarakat

“Untuk menjual belut pun sangat mudah karena sudah ada bakul yang datang ke rumah,” katanya saat ditemui di areal persawahan Desa Dukuh, Banyudono pada Selasa (24/5/2022).

Menurutnya, berburu belut di sawah cukup mudah. Dia hanya perlu menancapkan kedua stik besi yang telah teraliri listrik dari rangkaian aki yang digendong ke dalam lumpur sawah. Belut yang tersengat itupun kemudian tak berdaya dan keluar ke permukaan lumpur sehingga bisa mudah ditangkap.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Tak ada batasan waktu untuk berburu belut. Bisa pagi hari atau malam hari, sesuai dengan kondisi sawah.”

Biasanya mencari belut di sawah yang sudah dipanen atau saat dibajak dengan traktor. Baginya, mencari belut masih cukup menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Apalagi permintaan akan belut juga terus meningkat. sedangkan hasil budidaya belut oleh masyarakat juga belum cukup memenuhi kebutuhan pasar. “Berapapun belut hasil tangkapan, semua dibeli bakul.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com