JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Warga Solo Karanganyar Sukoharjo Siap siap Terima Air Bersih dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Spam regional Wosusokas
Dirjen PUPR Diana Kusumastuti (kanan) didampingi Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek (topi merah) melihat peta pembangunan SPAM Regional Wosusokas. Dok. Pemkab Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga Solo Karanganyar Sukoharjo dalam waktu yang tidak terlalu lama bakal segera menerima kucuran air bersih dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Hal ini menyusul pembangunan reservoir SPAM Regional Wosusokas di Wonogiri

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat alias Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti berkunjung ke Kota Mete Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Tujuan utama yang pertama, rombongan berkunjung di sekitar reservoir SPAM Regional Wosusokas. Yang kedua, ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (OW WGM).

“Kunjungan saya disini yang pertama untuk memastikan pembangunan pipa air Wosusokas,” kata Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

Dia menjelaskan, jaringan air bersih Wosusokas memanfaatkan air yang diambil dari WGM. Jaringan air bersih itu nantinya bakal dinikmati oleh masyarakat Wonogiri, Surakarta, Sukoharjo dan Karanganyar. Diperkirakan, debit airnya sekitar 750 liter per detik.

Pihaknya berharap, jaringan pipa air Wosusokas bisa segera dibangun. Sebab saat ini sudah mulai dilelangkan. Meski begitu, dia belum bisa merinci berapa nilai pekerjaan itu karena masih dalam proses lelang.

“Ini bukan hanya untuk Wonogiri, tapi SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) regional,” kata dia.

Sementara sumber air baku SPAM Regional Wosusokas berasal dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih dengan 12 titik reservoir. SPAM Regional Wosusokas didesain untuk memiliki kapasitas 1.450 liter per detik dan dapat melayani 116.000 Sambungan Rumah (SR) atau 580.000 jiwa.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

SPAM Regional Wosusokas menelan biaya konstruksi hingga Rp2,2 triliun dan dijadwalkan rampung pada 2024. Konstruksi SPAM tersebut akan dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap I berkapasitas 750 liter/detik dan tahap II berkapasitas 700 liter/detik.

Untuk tahap I akan didistribusikan sebesar 200 liter/detik di Kabupaten Wonogiri, 300 liter/detik di Sukoharjo, 50 liter/detik di Kabupaten Sukoharjo, dan 200 liter/detik di Kota Solo. Sementara itu, untuk alokasi air curah sisanya akan dilanjutkan pada tahap II. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com