JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wonogiri Optimis UMKM Bangkit dan Cerah Kendati Negara Api Menyerang

Keripik daun murbai salah satu produk UMKM Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kendati negara api menyerang dengan pandemi Covid-19-nya, dunia usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) disebut-sebut bakal bangkit.

Bahkan Pemkab Wonogiri mengatakan prospek UMKM Wonogiri cerah.

Wakil Bupati alias Wabup Wonogiri Setyo Sukarno menilai prospek UMKM yang ada di kabupaten ujung tenggara Jateng tersebut sangat cerah.

Meski tak bisa dipungkiri belakangan semua lini termasuk UMKM terdampak pagebluk Corona gegara negara api menyerang, masa depan UMKM Wonogiri diprediksi bakal ikut bangkit.

“Ketika Covid-19 terkendali, maka UMKM di Wonogiri akan tumbuh dan berkembang,” kata Wabup Wonogiri Setyo Sukarno, Jumat (20/5/2022).

Menurut Wabup Wonogiri Setyo Sukarno, terkendalinya Covid-19 juga bakal berdampak pada pulihnya sendi-sendi ekonomi. Maka dari itu, momentum saat ini dimana Corona sudah melandai, roda UMKM bakal makin tumbuh subur.

Baca Juga :  MGMP PAI Sub Rayon 04 Belajar Bersama Menulis Artikel Populer, Narsumber Sampaikan Hal hal Berikut ini

“Ekonomi kita ‘kan terus tumbuh. Kita lihat potensi berkembangnya bakal lebih tinggi,” ujar Setyo.

Tak dipungkiri Wabup Wonogiri Setyo Sukarno, ada sangat banyak UMKM yang ada di kabupaten terluas kedua di Jateng. Baik yang bergerak di bidang fashion, makanan dan lain sebagainya. Dengan adanya sejumlah pelonggaran yang sudah dilakukan UMKM bakal bangkit.

“UMKM kita ‘kan sangat banyak. Contohnya saja batik Wonogiren yang khas Wonogiri. Nah ini ke depan sangat berpeluang menembus pasar nasional maupun internasional. Kita lihat jejaringnya juga sudah ada,” kata dia.

Terpisah, Ketua Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia alias Ketua BPC HIPMI Wonogiri Sunan Finijie mengatakan bersamaan dengan sejumlah pelonggaran yang sudah dilakukan di masa pageblug ini, UMKM bakal berkembang.

Baca Juga :  Kasus Tabrak Lari Danan Sendangagung Giriwoyo Wonogiri, Korban Tewas Terduga Pelaku Berhasil Diamankan

“Meski pandemi Covid-19 masih belum selesai, tapi kasus Covid-19 kita lihat sudah terkendali. Kami lihat kemarin saat Lebaran, animo masyarakat untuk berbelanja produk UMKM sangat besar,” kata dia.

Besarnya minat masyarakat untuk membeli produk UMKM pun dinilai menjadi tonggak kebangkitan UMKM selama pagebluk. Roda perekonomian berputar.

Dalam memperingati Hari Jadi Wonogiri ke-281, BPC Hipmi Wonogiri juga menggelar bazar UMKM. Selepas bazar, kata Ketua BPC HIPMI Wonogiri Sunan Fanijie, diharapkan UMKM makin bergairah. Aris Arianto

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com