JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

6 Obat Herbal ini Bisa Redakan Perut Kembung

Jahe. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Perut kembung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan. Perut kembung dialami saat seseorang menelan banyak udara, mengkonsumsi makanan yang susah dicerna, masalah pencernaan, atau gangguan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Perut kembung ditandai dengan, bentuk perut yang buncit, perubahan buang air besar, sering sendawa, ketidaknyamanan perut, perubahan berat badan, mual, muntah, dan darah dalam tinja.

Dirangkum berbagai sumber, berikut beberapa tips pengobatan rumahan untuk meredakan perut kembung ringan dengan obat herbal:

1. Bio-yoghurt

Mengutip Silicolgel di laman silicol.co.uk, bio-yoghurt mengandung bakteri probiotik yang dapat membantu manajemen gas di usus. Sebab itu, konsumsi dua hingga tiga bak kecil yoghurt mampu meredakan dan mencegah perut kembung.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

2. Ekstrak Jahe

Ekstrak jahe berbentuk tablet, kapsul, atau tingtur yang diminum sebelum makan (sesuai petunjuk yang tertera pada label) bisa efektif dalam mengurangi perut kembung. Khasiat serupa juga bisa didapat ketika meminum air jahe hangat.

3. Teh Peppermint

Teh peppermint merupakan obat perut kembung yang cukup baik. Anda cukup menyeduh 1 sampai 2 sendok teh daun peppermint kering dalam secangkir air mendidih.

4. Biji jintan

Melensir Reader’s Digest di situs readersdigest.co.uk, biji jintan sudah sejak lama digunakan untuk meredakan gas dan masalah pencernaan. Anda bisa mengunyah setengah sendok teh biji jintan setelah makan untuk membantu mengeluarkan gas dari saluran usus.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

5. Lemon balm

European Medicines Agency mencatat bahwa teh lemon balm dapat meredakan masalah pencernaan ringan, termasuk perut kembung dan gas berdasarkan penggunaan tradisionalnya, seperti dikutip dari Healthline di alamat healthline.com.

6. Minyak cengkeh

Melansir Mendical News Today pada situsnya medicalnewstoday.com, minyak cengkeh secara tradisional telah digunakan untuk mengobati keluhan perut kembung, pencernaan, termasuk kembung, gas, dan gangguan pencernaan. Maka itu, mengkonsumsi minyak cengkeh setelah makan dapat meningkatkan enzim pencernaan dan mengurangi jumlah gas di usus.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com