JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

7 Sayur dan Buah yang Sebaiknya Disimpan dalam Kulkas

Ilustrasi kulkas. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Lemari es atau kulkas merupakan alat elektronik yang banyak dibutuhkan untuk setiap keluarga. Kulkas digunakan untuk menyimpan berbagai makanan, minuman, sayuran dan buah.

Kebanyakan makanan, sayur dan buah jika disimpan di dalam kulkas akan tetap terjaga kesegarannya dan lebih awet bila dibandingkan disimpan diluar kulkas.

Berbagai sayur dan buah terasa lebih enak jika dikonsumsi dalam kondisi dingin saat matang dan segar. Agar tetap terjaga kesegaran dan lebih bertahan lama, berikut beberapa buah dan sayuran yang sebaiknya disimpan di kulkas

Lemon dan Jeruk

Dilansir dari bhg.com, lemon dan jeruk sebaiknya disimpan di lemari es karena suhu yang lebih dingin mencegahnya mengering. Buah ini akan bertahan hingga dua pekan saat didinginkan di kulkas dan sekitar satu minggu pada suhu kamar

Ceri

Ceri adalah makanan lezat yang menawarkan sejumlah manfaat nutrisi. Tapi jika tidak disimpan dengan benar, bahkan dalam satu jam saja pada suhu kamar dapat mempengaruhi kualitasnya. Buah ini membutuhkan pendinginan segera. Seperti buah beri, yang terbaik adalah membilas ceri langsung sebelum dikonsumsi.

Anggur

Anggur seringkali menjadi hiasan yang indah di dalam mangkuk di atas meja dapur, namun menyimpan anggur di lemari es jauh lebih baik. Bahkan, anggur dapat awet dalam kondisi paling gemuk dan paling segar hingga dua pekan di lemari es. Anggur dari supermarket sering datang dalam kantong plastik berlubang yang sangat cocok untuk menyimpannya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti selada, kangkung, bayam, dan sawi perlu disimpan di lemari es segera atau akan rusak. Bila dibiarkan di suhu ruangan dalam waktu lama sayur hijau akan mengering, berubah warna menjadi coklat, atau menjadi layu. Untuk penyimpanan yang baik, bilas sayuran saat baru tiba di rumah, bungkus dengan handuk kertas dan simpan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik tertutup.

Sayuran Cruciferous

Sayuran Cruciferous seperti kubis, kembang kol, brokoli, kubis Brussel, kangkung, lobak, selada memang amat cocok dijadikan pendamping atau sekedar ditumis. Namun jenis sayuran ini harus disimpan di tempat yang lebih rendah di lemari es. Sebab sayuran ini sangat rentan terhadap penguningan dan pembusukan akibat etilen. Sebaiknya pisahkan dari makanan penghasil etilen seperti apel, aprikot, kiwi, pir, dan buah-buahan lainnya.

Nanas

Nanas dapat disimpan di lemari es atau pada suhu kamar. Simpan terbalik selama satu atau dua hari agar gula yang disimpan di dasar nanas menyebar ke seluruh buah sebelum dipotong.

Seledri

Seledri sebaiknya disimpan di kulkas, dan sebelum disimpan alangkah baiknya seledri dibungkus dengan kertas timah agar dapat disimpan lebih lama.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com