JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Akhirnya Bisa Tidur Ga Kepikiran Lagi, Ternyata ini Sasaran Operasi Patuh Candi 2022 yang Digelar Polres Wonogiri

Operasi Candi
Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2022. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah hal menjadi sasaran Operasi Patuh Candi 2022 yang digelar Porles Wonogiri.

Untuk diketahui Operasi Patuh Candi 2022 dilaksanakan mulai Senin (13/6/2022) sampai dengan Minggu (26/6) mendatang.

Secara menyeluruh Polri se Indonesia, menggelar Operasi Patuh 2022. Khusus jajaran Polda Jateng, menggunakan sandi Operasi Patuh Candi 2022.

Pada Senin (13/6) hari ini Polres Wonogiri melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2022. Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto langsung menjadi inspektur upacara di Mapolres Wonogiri.

Kasihumas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, membeberkan, Operasi Patuh Candi 2022 digelar selama dua pekan dengan mengusung tema Tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa.

Sasaran utama dari Operasi Patuh Candi 2022 meliputi, mengajak masyarakat untuk tertib dan berdisiplin dalam berlalu lintas, guna menurunkan angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Selanjutnya jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan, dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Baca Juga :  1 Meninggal Kecelakaan di Wonoharjo Sambiroto Pracimantoro, Truk Tangki Tabrakan dengan Honda Supra 125

Khusus kepada personil yang melaksanakan tugas operasi, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto meminta agar memahami sasaran dengan melaksanakannya secara maksimal dan bersungguh -sungguh. Upayakan pendekatan humanis, lakukan sosialisasi, edukasi, himbauan secara simpatik ke masyarakat.

“Baik secara langsung maupun dengan memanfaatkan media sosial. Sehingga dapat meningkatkan disiplin berlalu lintas dan meminimalisir kasus lakalantas,” jelas dia..

Pada upacara gelar pasukan tersebut, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melakukan pemeriksaan pasukan. Kemudian dilanjut dengan penyematan atribut tanda operasi kepada perwakilan petugas dari Polres, Kodim dan Dishub.

Sebagai informasi, data secara nasional jumlah pelanggaran lalu lintas di Tanah Air pada semester I Tahun 2022, sebanyak 83.542 pelanggaran. Pada semester II Tahun 2021 sebanyak 217.717 pelanggaran, atau mengalami turun 161 persen.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

Jumlah tilang pada semester I Tahun 2022 sebanyak 57.997 lembar. Di semester II Tahun 2021 sebanyak 152.712 lembar, atau mengalami trend kenaikan 163 persen. Sanksi teguran pada semester I Tahun 2022 sebanyak 25.545 dan pada semester II Tahun 2021 sebanyak 65.005 (turun 154 persen).

Operasi Patuh Candi-2022, yang dilaksanakan dengan menerapkan Prokes pencegahan Covid-19 ini, bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Dengan mengedepankan tindakan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum secara elektronik atau pemberian teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com