JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Deretan Tokoh dan Pihak yang Dorong dan Dukung Gibran Maju Pilgub DKI

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang. Tempo.co/Dok. Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka potensial diusung partainya menjadi calon gubernur untuk DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

Puan Maharani menyebut, nama Gibran Rakabuming Raka akan dipertimbangkan untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 mendatang.

Terkait desas-desus dukungan terhadap dirinya untuk maju di Pilkada 2024, Gibran mengatakan masih ingin fokus di Solo. “Saya fokus di Solo dulu, nggarap ASEAN Para Games,” kata Gibran, Selasa (21/6/2022). Selain Puan Maharani, siapa saja sosok atau tokoh serta partai yang memberikan dukungan Gibran maju Pilgub Jakarta?

1. Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri, dan Puan Maharani

Ayah Jan Ethes tersebut mendapatkan wejangan untuk maju di Pilgub Jakarta dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Wejangan itu didapat Gibran kala bertemu dengan Megawati dan Puan di sekolah partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta pada Jumat, 17 Juni 2022. Serta, berkunjung ke kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat, pada Sabtu, 18 Juni 2022 lalu.

2. PDI Perjuangan Solo

Ketua DPC PDI Perjuangan Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku mendukung Gibran maju di Pilgub DKI Jakarta di Pilkada 2024 nanti. Rudy, sapaannya, menyebut Gibran memiliki kompetensi dan kemampuan. Menurutnya, Gibran tetap memiliki kesempatan menang di Ibu Kota meski tidak asli dari Jakarta. Rudy berkaca pada Jokowi yang pernah memenangkan Pilkada DKI Jakarta.

Baca Juga :  Pertamina Amankan Persediaan BBM dan Elpiji di Soloraya Selama Periode Ramadan dan Lebaran 2024

3. Foreder

Ketua Umum Forum Relawan Demokrasi (Foreder) Aidil Fitri memberikan dukungan kepada Gibran untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Menurut Aidil, sosok Gibran cocok untuk memimpin Jakarta. “Gibran adalah figur muda milenial yang sangat cocok menjadi pemimpin di DKI 1,” ujar Aidil kepada wartawan, Senin, 20 Juni 2022.

4. Betawi Bela Gibran

Ketua umum Betawi Bela Gibran atau BBG, Muhidin Muchtar menyatakan dukungannya kepada Gibran untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Muchtar menilai sosok Gibran dibutuhkan oleh masyarakat Jakarta saat ini, khususnya warga Betawi. “Jakarta perlu gubernur yang berani membuat terobosan, kiprah Gibran di Solo saya ikuti dan amati,” beber Muchtar kepada wartawan, Senin, 20 Juni 2022.

5. Partai Amanat Nasional

Pada 2021 lalu, Partai Amanat Nasional atau PAN juga siap mendukung Gibran maju Pilgub DKI Jakarta. PAN menilai Gibran berpeluang menang lantaran elektabilitasnya terbilang bagus. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi. “Jika Mas Gibran berniat maju dan berpeluang besar menang karena memiliki elektabilitasnya bagus, tentu PAN akan mendukung di Pilkada DKI 2024,” kata Viva kepada wartawan, Kamis, 25 Maret 2021.

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

6. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno jauh-jauh hari juga sudah menyatakan dukungan untuk Gibran maju Pilgub DKI Jakarta. Dukungan itu Sandiaga sampaikan kala mengunjungi Apresiasi Kreasi Indonesia di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jumat, 8 Oktober 2021. “Kita memberikan dukungan yang terbaik untuk Mas Wali (Gibran),” kata Sandiaga saat ditanya mengenai peluang Gibran maju Pilgub DKI Jakarta 2024.

7. Muhaimin Iskandar

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga memberikan dukungan jika Gibran maju di Pilgub DKI Jakarta. Dukungan itu Cak Imin berikan jauh-jauh hari bahkan saat Gibran masih anyar jadi Wali Kota Solo. Kala itu Cak Imin mendatangi Gibran untuk mengucapkan selamat usai dilantik sebagai Wali Kota Solo.

Dalam kunjungan itu, Cak Imin mendorong Gibran bisa mengikuti jejak sang ayah, untuk dapat melebarkan karier politiknya. Salah satunya maju di Pilgub DKI Jakarta. “Saya meminta Gibran membuktikan diri untuk mampu menyukseskan Kota Solo. Jika sukses, dia bisa melanjutkan karier politik ke jenjang yang lebih tinggi (Pilgub DKI),” kata Cak Imin.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com