JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Harga Lombok Sedang Mahal, Beberapa Bahan Ini Bisa Dicoba untuk Pengganti Cabai

ilustrasi harga cabai meroket
Ilustrasi tanaman cabe rawit siap panen. Belakangan ini harga cabai meroket Foto/Istimewa
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Harga cabai belakangan ini hampir mencapai Rp 100 ribu per kilogram. Bagi masyarakat yang menyukai makanan pedas, hal ini cukup membenani.

Dalam kehidupan sehari-hari, cabai memiliki peranan penting di kebanyakan menu makanan di Indonesia.

Meski tidak sepedas cabai, ada beberapa bahan yang bisa dipakai sebagai bumbu masakan sebagai pengganti cabai. Berikut beberapa diantaranya seperti dilansir dari berbagai sumber

1. Merica

Merica cukup mudah ditemukan dimana-mana. Harga merica pun cenderung murah dan terjangkau. Merica bisa dipertimbangkan untuk menjadi bahan pengganti cabai, sebab merica memiliki cita rasa pedas yang khas disertai aroma kuat.

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki cita rasa pedas yang khas. Tak hanya untuk campuran makanan, bahkan jahe bisa dicampurkan ke minuman dan memberikan efek menghangatkan.

3. Paprika

Paprika juga salah satu bahan yang dapat memberikan sensasi pedas, walaupun tidak sekuat rasa pedas dari cabai. Walaupun begitu, bubuk paprika dapat menjadi pilihan alternatif untuk memberikan cita rasa pedas sebagai pengganti cabai, khususnya jika dijadikan bumbu marinasi.

4. Lada hitam

Rempah satu ini akan memberikan sensasi rasa pedas dan hangat di tenggorokan bagi yang memakannya. Rasa pedas yang dihasilkan oleh lada hitam ini berasal dari kandungan linalool, limonene, sabinene, pinene dan caryphyllene. Rempah ini juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan menyembuhkan perut kembung.

5. Cabai Jawa

Ternyata sebelum cabai yang kita kenal sekarang ini masuk ke Indonesia, ada tanaman lain yang telah digunakan untuk memberi cita rasa pedas, yaitu cabai Jawa atau puyang. Walaupun kini popularitas cabai jawa kalah dengan cabai yang biasanya digunakan untuk memasak, ternyata tanaman ini masih sering digunakan untuk jamu-jamu herbal.

Cabai Jawa dikenal memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti demam, anemia, beri-beri dan sakit kepala.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com