JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Rute Pengalihan Kendaraan Selama CFD Wonogiri, Digelar Perdana Minggu 26 Juni 2022

Alun alun
Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Semua pengguna jalan yang melintasi Kota Wonogiri pada Minggu 26 Juni 2022 wajib baca hal berikut ini.

Ini mengingat pada Minggu 26 Juni 2022 dilakukan pengalihan arus kendaraan lantaran ada pelaksanaan Car Free Day atau CFD Wonogiri.

Memang pengalihan arus kendaraan hanya berlangsung selama beberapa jam. Namun demikian perlu diketahui rute mana saja yang tidak boleh dilintasi dan yang boleh dilewati.

Nah, terkait rute pengalihan kendaraan itu Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri menyiapkan rekayasa lalu lintas. Sejumlah titik juga diproyeksikan menjadi kantong parkir pengunjung CFD Wonogiri.

Kepala Dishub atau Kadishub Wonogiri Waluyo mengatakan pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat digelarnya CFD perdana di Kecamatan Wonogiri Kota.

Kadishub Wonogiri Waluyo membeberkan rute pengalihan kendaraan selama CFD Wonogiri.

Nantinya, Jalan Ir. Soekarno bakal ditutup untuk kendaraan saat CFD Wonogiri berlangsung.

“Penutupan jalan Ir. Soekarno dari barat Jembatan Jurang Gempal sampai simpang empat Ponten dilakukan pada hari H, mulai pukul 05.00 sampai pukul 09.00,” ujar Kadishub Wonogiri Waluyo, Rabu (22/6/2022).

Untuk pengendara yang melintas Jalan Jenderal Ahmad Yani dari arah utara (Solo) setiba di simpang empat Ponten tak bisa berbelok ke arah timur karena digunakan untuk CFD Wonogiri. Pengendara masih bisa lurus dan berbelok ke kiri setibanya di sekitar Toko Emas Semar.

Baca Juga :  Terbongkar Sudah Rahasia Menu Timur Tengah Kambing Guling dan Sejenisnya, Tinggal Sesuaikan dengan Lidah Lokal

Sementara pengendara dari arah tinur Jembatan Jurang Gempal tak bisa lurus ke Jalan Ir Soekarno. Solusinya, pengendara masih bisa berbelok ke kiri dan melintas di Jalan Murtipranoto.

Pengendara dari arah Jalan Salak V juga tak bisa berputar di sekitar Patung Ir. Soekarno, solusinya nereka bisa berbelok ke kiri melewati Jalan Pemuda.

“Rekayasa lalu lintas tak berbeda dengan yang dilakukan sebelumnya saat CFD Wonogiri digelar sebelum pandemi. Sementara untuk Jalan Kabupaten, masih bisa dilalui oleh pengunjung CFD Wonogiri dan warga yang hendak ke Masjid At Taqwa,” papar Kadishub Wonogiri Waluyo.

Sementara itu, sejumlah titik kantong parkir juga telah direncanakan. Titik itu di antaranya adalah di sebelah barat dan timu Alun alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Selain itu, juga di Jalan Perwakilan dan gang menuju jalan Ir. Soekarno dari jalan tersebut. Menurut Waluyo, kantong parkir itu bakal dikondisikan bersama dengan pihak pengelola.

Salah satu tokoh pemuda Kelurahan Giripurwo Kecamatan Wonogiri Kota Supar mengatakan para Rabu (22/6) sore pihaknya melakukan koordinasi dengan sejumlah stakeholder untuk membahas gelaran CFD. Konsep CFD sebelumnya juga telah dibuat sedemikian rupa supaya akan berbeda dibandingkan dengan CFD sebelum pagebluk korona.

“Pengelolaannya kita coba mengadopsi dari CFD di Giritontro dulu. Jadi kegiatannya bisa terstruktur dan bisa ramai. Ternyata disana ada zonasi di CFD, kita nanti akan petakan juga zonasi di CFD. Ada beberapa zona termasuk zona steril di sekitar alun-alun supaya pengunjung masih bisa berjalan-jalan,” kata dia baru-baru ini.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Pihaknya mengestimasi akan ada sekitar 500 lapak jika menurut data CFD sebeumnya. Nah, untuk mekanisme pendaftaran lapak masih akan dibahas bersama pihak terkait. Namun yang jelas, hal itu bakal melibatkan Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun dimana sejumlah anggotanya juga biasa berdagang di CFD sebelum pandemi Covid-19.

“Kalau CFD dulu kan juga ada pedagang dari luar Wonogiri. Nanti rencana kita bakal diprioritaskan untuk pedagang dari Wonogiri dulu,” kata dia,

Supar menuturkan, karang taruna tidak akan bergerak sendiri. LPM Giripurwo juga bakal terlibat bersama dengan sejumlah dinas terkait untuk melakukan monitoring.

Sementara itu, Koordinator CFD Giritontro Waluyo mengatakan pihaknya bakal menggelar CFD pada Minggu (17/7) mendatang. Pihaknya juga membuka pendaftaran bagi para pedagang yang berminat menjajakan dagangannya di CFD Giritontro.

Disiapkan pula panggung hiburan di CFD Giritontro.

Tiap digelar, kata Waluyo, ribuan orang bisa memadati area CFD Giritontro disana. Dalam satu kali gelaran, parkir motor bisa mencapai 3.000 motor. Belum lagi rombongan dari Pacitan atau DIY yang mampir disana dengan menggunakan mobil bahkan bus.

Perputaran uang di sana bisa sampai ratusan juta. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com