JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jokowi Tetapkan Gibran Sebagai Ketua INASPOC

Gibran Rakabuming Raka. Foto: JSNews/Ando

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC).

Penetapan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 17 Juni 2022 lalu.

Beleid tersebut mengatur panitia nasional INASPOC yang tediri dari pengarah dan penyelenggara. Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ditetapkan sebagai Ketua Pengarah, yang beranggotakan para menteri hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebagai Ketua Penyelenggara dan Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun sebagai Wakil Ketua. Barulah kemudian Pasal 11 mengatur bahwa
untuk membantu tugas Panitia Nasional INASPOC, ketua penyelenggara menugaskan NPC Indonesia sebagai pelaksana ASEAN Para Games XI Tahun 2022.

Ketua Umum NPC Indonesia pun membentuk pelaksana INASPOC, pelaksana prasarana dan sarana, serta pelaksana prestasi olahraga. Barulah Pasal 11 ayat 3 mengatur soal posisi Gibran jadi Ketua INASPOC.

Baca Juga :  Tak Hanya Regulasi FIFA, Amnesty International Juga Tak Benarkan Penggunaan Gas Air Mata

“Pelaksana INASPOC sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a diketuai oleh Wali Kota Surakarta,” demikian bunyi aturan di Perpres ini.

Sementara, Ketua Pelaksana Prasarana dan Sarana adalah Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti. Lalu, Ketua Pelaksana Prestasi Olahraga adalah Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto.

Sebelumnya, Indonesia telah ditunjuk menggantikan Vietnam menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI Tahun 2022 bulan Juli mendatang. “Saya lapor kepada Pak Presiden Joko Widodo, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 dan beliau sampaikan, ambil, maka saya berani ambil walaupun tinggal beberapa bulan saja,” ujar Zainudin pada 25 November lalu.

Saat itu, Zainudin mengaku baru dua hari mendapat kabar Indonesia ditunjuk menjadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022. Waktu yang diberikan panitia terbilang singkat karena pelaksanaanya tinggal lima bulan tepatnya di Bulan Juli 2022.

“Kita baru dua hari yang lalu, 23 November 2021 diputuskan untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Ini memang pekerjaan yang luar biasa berat karena itu Bulan Juli ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Gibran Sebut Jalanan di Kampung Batik Kauman Seperti Offroad. Pertanyakan Yang Punya Ide Pembangunan Sebelumnya

SEA Games 2022 tetap berlangsung di Vietnam, namun kemudian Vietnam tidak sanggup menyelenggarakan Asean Para Games 2022. Indonesia ditunjuk dan dinilai sanggup menggantikan Vietnam.

“Kemungkinan saya sebagai penyelenggaranya dan Walikota Solo sebagai pelaksana. Saya rencananya akan segera melakukan rapat dengan Ketua Umum NPC Pak Senny Marbun dan Walikota Solo Mas Gibran,” kata Zainudin kala itu.

Inipun merupakan kesempatan kedua Indonesia untuk menggelar ajang multievent untuk atlet-atlet difabel di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 2011, Indonesia juga pernah menggelar APG yang juga diadakan di Kota Solo. Rencananya ASEAN Para Games ke-11 akan diadakan di Solo pada tanggal 20-31 Juli 2022.

Sebelumnya rencana dia mengurus ASEAN Para Games diungkapkan saat ditanya soal wacana maju di Pemilihan Gubernur seperti diungkapkan politikus PDIP Puan Maharani.

“Saya fokus di Solo dulu, nggarap ASEAN Para Games,” kata putra sulung Presiden Jokowi itu di Solo, Selasa 21 Juni 2022.

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com