JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Megawati Siap Pecat Kader Bermanuver Soal Capres, Puan: Jangan Ada yang Baper

Ketua DPR RI, Puan Maharani / Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memperingatkan agar seluruh kader partai bahwa hanya dirinya yang berhak menentukan calon presiden dari PDIP, sebagaimana mandat Kongres 2019. Hal itu disampaikan Megawati dalam acara pembukaan Rakernas PDIP pada, Selasa (22/6/2022).

Megawati menyebut bahwa dirinya telah diberikan hak prerogatif menentukan capres 2024 yang akan diusung partainya.

“Bagi kalian siapa yang berbuat manuver, keluar. Karena apa? Tidak ada dalam PDIP itu yang namanya main dua kaki, main tiga kaki, melakukan manuver,” ujar Megawati.

Ingat loh, lebih baik keluar, deh, daripada saya pecat”, lanjut Megawati.

Terkait hal itu, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani meminta tidak ada kader yang Baper alias terbawa perasaan dengan pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengancam akan memecat kader-kader yang bermanuver menjelang Pilpres 2024. Megawati meminta tidak ada kader yang mendahului dirinya berbicara soal capres.

Baca Juga :  Hingga 3 Hari Jelang Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Amicus Curiae Masih Berdatangan

“Pernyataaan itu (Megawati) enggak ada ditujukan untuk orang per orang si A, si B si C, terus baper gitu, enggak ada. Ya, kami seperti ini di PDIP, membangun soliditas. Kalau kemudian ketua umum agak marah-marah misalnya, itu cuma untuk membangun semangat, dalam arti seorang ibu kepada anak,” tutur Puan di Sekolah Partai Lenteng Agung, Selasa malam, 21 Juni 2022.

Puan mengklaim PDIP solid menjelang Pilpres 2024. “Jadi enggak ada yang dimarahin karena ini itu ada salah, enggak ada. Kami sudah terbiasa membangun soliditas ini sebagai satu keluarga besar PDIP,” tuturnya.

Baca Juga :  Soal Endorsement Jokowi Selaku PRESIDEN  ke Prabowo-Gibran, Hakim MK: Tak Langgar Hukum, Cuma Potensial Jadi Masalah Etika

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menampik pernyataan Megawati ada kaitannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Belakangan Ganjar memang kerap digadang-gadang sebagai kandidat capres potensial. Bahkan, Partai NasDem telah merekomendasikan nama kader PDIP itu sebagai salah satu bakal calon presiden yang akan diusung.

Kata Hasto, pernyataan Megawati ditujukan untuk menguatkan soliditas menjelang Pilpres 2024, bukan untuk menyindir figur tertentu.

“Dari pernyataan ibu ketum selalu mengingatkan bahwa berpolitik perlu disiplin. Kalau kita berdirinya tidak kokoh, maka akan mudah tergelincir. Pilpres 2024 itu penuh tantangan, sehingga dalam konteks seperti itu diperlukan soliditas dari seluruh jajaran partai kerja ke bawah dan semua tegak lurus pada ideologi partai,” ujar dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com