JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Meluas, Kebakaran di Desa Padas Tanon Hanguskan 4 Rumah Dalam Hitungan Menit. 2 Motor hingga Uang Jutaan Ikut Hangus

Kobaran api menghanguskan 4 rumah warga di Dukuh Methuk, Desa Padas, Tanon, Sragen, Senin (20/6/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kerugian akibat kebakaran hebat yang melanda Dukuh Methuk, RT 13, Desa Padas, Kecamatan Tanon, Sragen, Senin (20/6/2022) pagi dilaporkan bertambah.

Data terbaru mencatat ada empat rumah yang terbakar dalam kejadian itu. Empat rumah itu berhimpitan sehingga api dengan cepat menjalar tanpa terbendung.

Empat rumah yang ludes itu masing-masing dua rumah milik Tugiman (50) warga Dukuh Methuk RT 13, milik Sutinem (45), satu rumah milik Gunawan (30) dan milik Miyem (75) yang berada di sebelahnya.

Diduga kuat, api berasal dari sisa obat nyamuk bakar yang lupa dimatikan.
Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran itu terjadi pukul 09.00 WIB. Saat kejadian, rumah dalam kondisi kosong sehingga tidak ada korban jiwa.

“Tadi kejadiannya sekitar jam 10.00 WIB. Ceritanya pemilik rumah, Pak Tugiman, sedang ke sawah. Tahu-tahu api muncul dan membakar rumahnya. Kemudian menjalar ke rumah Mbah Miyem di belakangnya dan rumah Gunawan. Karena rumah keduanya berhimpitan,” papar Sekdes Padas, Muhammad Ahyani Mursyid kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (20/6/2022).

Berdasarkan keterangan warga dan saksi, diduga kuat kebakaran dipicu oleh api dari obat nyamuk bakar di rumah Sukiman.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Desa Toyogo Sragen, Blesscon Kucurkan Dana CSR

Akibat kejadian itu, kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Sekdes menyampaikan api gagal dikendalikan lantaran kondisi rumah kedua korban mayoritas terbuat dari kayu dan bambu.

Sehingga membuat kobaran api makin menjadi. Kedatangan tim pemadam yang agak terlambat membuat api terlanjur meludeskan bangunan rumah tanpa ada yang bisa diselamatkan.

Kasi Humas Polres Sragen, AKP Suwarso membenarkan adanya kebakaran tersebut. Menurutnya tim dari Polsek sudah melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

Ketua PMI Sragen, Dr Ismail Joko Sutresno menyampaikan seusai menerima laporan, tim langsung diterjunkan untuk melakukan assesment dan backup medis.

Setelah tiba di lokasi petugas melakukan assesment bahwa yang terbakar adalah rumah hunian dampak dari kejadian ini 4 rumah terbakar.

“Tidak ada korban jiwa. Namun dari hasil pendataan ada 4 rumah mengalami kerusakan berat, 2 unit sepeda motor serta peralatan elektronik yang terbakar,” ujarnya.

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Sragen, Anton Sujarwo menyebut, pertama kali api dilaporkan menyala dari rumah milik Sugiman, warga Dukuh Methuk, Padas, sekitar pukul 10.08 WIB. Saat kejadian, rumah tersebut dalam kondisi kosong.

Baca Juga :  Tokoh Pemuda Milenial Sragen Hari Sapto Pramono Dorong Irjen Pol Ahmad Luthfi Maju Pilgub Jateng 2024: Beliau Merupakan Sosok Yang Pantas Memimpin Jateng

“Pemilik rumah sedang ke sawah. Hanya ada anaknya bernama Gunawan (34), namun selang berapa lama Gunawan juga pergi mengantar anaknya ke Posyandu. Saat itu saksi lain bernama Candra mengetahui ada api dari bagian kamar,” ujar Anton dihubungi wartawan, Senin (20/6/2022).

Anton mengatakan, saksi sempet mengecek dan menemukan ada obat nyamuk yang terbakar di kasur. Api kemudian merambat ke perabotan rumah.

“Dugaan api berasal dari obat nyamuk bakar tersebut. Saksi Candra sempat menyelamatkan 1 traktor dan 2 diesel untuk dibawa keluar, setelah itu berteriak minta tolong,” kata dia.

Anton menyebut, warga yang mendengar teriakan saksi kemudian menghubungi Polsek Tanon yang kemudian diteruskan ke pihak damkar untuk melakukan pemadaman. Tak kurang 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.

“Saat ini api sudah bisa dipadamkan. Namun dampak kebakaran menghanguskan 4 rumah milik 2 kepala keluarga (KK). Kerugian lain seperti sepeda motor, uang tunai, surat berharga, perhiasan dan peralatan elektronik,” pungkas Anton. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com