JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mengerucut, Kader Akar Rumput PDIP Dukung Gibran atau Risma untuk Pilkada DKI Jakarta 2024

Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Rabu (4/3/2020) siang , di rumah makan Pecel Solo. Prihatsari
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga menyebut kader akar rumput PDIP mempunyai kecenderungan memilih Tri Rismaharini atau Gibran Rakabuming Raka sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada pilgub 2024 mendatang.

Eriko mengatakan, suara-suara kader PDI Perjuangan di Jakarta itu mengerucut setelah munculnya persoalan mendasar di Jakarta.

Kata dia, misalnya adalah soal polusi udara di Jakarta yang semakin memburuk hingga perubahan nama jalan yang mengubah tatanan masyarakat. “Memang kelihatannya mengerucut. Ini dari kader-kader kami mengerucut, ini bukan satu keputusan. Suara-suara itu menyampaikan yang paling ramai itu Mas Gibran dan Bu Risma untuk Jakarta,” ujar Eriko dalam diskusi Total Politik di Jakarta, Sabtu, (25/6/2022).

Para kader ini, kata Eriko, melihat Gibran dan Risma mampu memperbaiki kotanya dengan sangat baik saat menjadi pemimpin di daerah. Padahal, tipe masyarakat kota seperti Solo dan Surabaya, menurut Eriko, mirip-mirip dengan di Jakarta.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

“Apalagi dengan situasi saat ini yang banyak masalah. Seperti polusi tertinggi di dunia, kan Jakarta, dan banyak persoalan lain, misalnya nama jalan dan lain-lainnya. Ini sangat mempengaruhi perlunya pimpinan visioner,” ucap dia.

Eriko mengatakan, dukungan ini sebetulnya bisa-bisa saja terpenuhi, terlebih lagi mekanisme pencarian pimpinan wilayah bagi PDIP adalah diharuskan dari kader partai sendiri. Bagi kader yang berprestasi, tingkatannya, menurut dia, dari pimpinan kabupaten atau kota, provinsi, baru negara atau sebagai presiden.

“Bahkan, PDIP membuktikan dari wali kota, gubernur, dan capres yaitu yang menjadi Pak Presiden Joko Widodo. Kami sama-sama memahami hal itu secara khusus bagaimana kenaikan itu terlihat nama khusus Mas Gibran, apa yang salah,” ujar dia.

Puan Maharani lontar sinyal dukung Gibran

Sebelumnya, Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka potensial diusung partai sebagai calon gubernur untuk DKI Jakarta atau Jawa Tengah. Puan Maharani mengatakan, nama Gibran bakal dipertimbangkan untuk maju Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 mendatang.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Menanggapi desas-desus dukungan dirinya untuk maju di Pilkada 2024, Gibran menyatakan masih ingin fokus di Solo. “Saya fokus di Solo dulu, garap ASEAN Para Games,” kata Gibran, Selasa 21 Juni 2022.

Selain Puan, Gibran sebenarnya juga telah mendapatkan wejangan untuk maju di Pilgub Jakarta dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Wejangan itu didapat Gibran saat bertemu dengan Megawati dan Puan di sekolah partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta pada Jumat, 17 Juni 2022. Gibran juga mendapatkan sinyal dukungan saat berkunjung ke rumah Prabowo di Hambalang, Jawa Barat, pada Sabtu, 18 Juni 2022 lalu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com