JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mulai Uji Coba, KRL Solobalapan-Palur Mulai Beroperasi Juli 2022

PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) mulai mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) rute Solobalapan-Palur mulai pertengahan Juli 2022. Foto: Triawati
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) mulai mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) rute Solobalapan-Palur mulai pertengahan Juli 2022. Uji coba jalur baru tersebut mulai dilaksanakan tanggal 20 Juni 2022 hingga sepekan ke depan dengan empat jadwal perjalanan setiap harinya.

Direktur Utama PT KCI Roppiq Lutfi Azhar berharap KRL lintas Soliobalapan-Palur diharapkan dapat segera dioperasikan mulai pertegahan Juli 2022 mendatang. Berdasarkan uji coba yang dilakukannya, KRL lintas Solobalapan-Palur menempuh waktu sekitar 10 menit.

“Secara teknis sudah bisa memenuhi syarat untuk KRL lintas Solobalapan-Palur. Tinggal menunggu sosialisasi pada masyarakat. Harapannya segera bisa dioperasikan secara komersil mulai pertengahan Juli,” urainya, Jumat (24/6/2022).

Seperti diketahui, KRL Lintas Solobalapan-Palur merupakan terusan dari jalur Jogja-Solo dan rencananya akan diteruskan hingga Madiun. Uji coba pengoperasian perjalanan KRL ini dilakukan setelah selesainya pekerjaan Pembangunan Elektrifikasi Jalur KA lintas Solo Balapan – Solo Jebres – Palur oleh BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah. Pembangunan Elektrifikasi Jalur ini dimulai pada tahun 2020 dan selesai pada tahun 2022.

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

“Ke depan sesuai dengan arahan Pak Menteri, sampai dengan Sragen-Madiun. Nanti dilakukan secara bertahap, kalau sekarang dari Yogyakarta-Solo kurang lebih 30 kilometer, ke depan akan ada teknologi hybrid sarananya, pada saat terelektrifikasi bisa lanjut ke rute yang tidak terelektrifikasi tapi sarananya sudah menggunakan sarana KRL. Dari awal ini sampai Solobalapan, Sragen, Madiun. Sedangkan dari arah Yogyakarta ke Wates, Kutoarjo,” imbuhnya.

Selain Elektrifikasi Jalur KA, BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah juga sedang melanjutkan pembangunan fasilitas penunjang operasional perjalanan KRL seperti Depo, gardu listrik, pembangunan jalur rel KA, serta revitalisasi stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur untuk menunjang pelayanan pengguna KA khusunya pengguna KRL.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

Setelah dilakukan revitalisasi stasiun, saat ini Stasiun Palur memiliki 5 jalur KA yang dilengkapi dengan peron tinggi untuk memudahkan pengguna KRL saat naik dan turun dari KRL. Stasiun Palur saat ini juga telah dilengkapi dengan persinyalan elektrik untuk pelayanan operasional perjalanan KA. Untuk fasilitas pengguna di Stasiun Palur sudah dilengkapi dengan lima gate elektronik untuk transaksi pembayaran tiket KRL, fasilitas pelayanan pengguna, serta area parkir yang cukup luas. Sedangkan untuk fasilitas pengguna di Stasiun Solo Jebres sudah dilengkapi dengan tiga gate elektronik untuk transaksi pembayaran tiket KRL. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com