JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Olah Raga Malam untuk Tingkatkan Kualitas Tidur? Ini Pandangan Medisnya

Ilustrasi olah raga malam / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Biasanya, kegiatan olah raga dilakukan pada pagi atau sore hari. Namun ternyata, hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa olah raga dapat dilakukan pada malam hari, terutama untuk meningkatkan kualitas tidur.

Mengapa bisa? Merujuk pada publikasi riset Institut Teknologi Konfederasi Zürich, olahraga sebelum tidur bisa membantu seseorang mudah terlelap.

Laporan yang diterbitkan dalam Sports Medicine pada 2018 itu menunjukkan, olahraga saat malam boleh saja dilakukan, asal bukan olah raga yagn berat.

Boleh olah raga malam, asalkan dengan intensitas ringan setidaknya satu jam sebelum tidur.

Rentang waktu itu akan memberi kesempatan tubuh untuk bersantai. Aktivitas olahraga di tingkatan ini membantu lebih cepat tidur juga mendapat kualitas tidur.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Contoh olahraga intensitas ringan antara lain yoga, peregangan, berjalan, bersepeda santai. Mengutip Sleep Foundation, tak hanya meningkatkan kekuatan tubuh, yoga juga berguna menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Seseorang menjadi lebih rileks, sehingga mudah tidur pada malam. Teknik pernapasan yang dilakukan saat yoga bermanfaat untuk kesehatan jantung, sehingga memengaruhi kemampuan berfokus dan kualitas tidur saat malam.

Ketika mengalami tingkat stres yang tinggi, otot tubuh menjadi lebih tegang. Sebaiknya melakukan peregangan agar tubuh untuk relaksasi supaya tidak mengganggu berbagai kegiatan, termasuk tidur. Peregangan juga bisa membuat pikiran lebih tenang.

Adapun jalan santai, selain membuat otot dan tubuh menjadi lebih kuat juga berguna untuk tidur yang berkualitas.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Olahraga ini bermanfaat meredakan stres sehingga istirahat malam menjadi lebih rileks. Manfaat berjalan santai selama 30 menit dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kualitas tidur malam sama pentingnya dengan olahraga teratur dan diet. Mengutip WebMD, demi mendukung kualitas tidur selain olahraga ringan, juga tidak membiasakan bekerja atau menonton televisi di tempat tidur.

Sebab tempat tidur harus dibuat sebagai tempat yang nyaman yang tak mengingatkan tentang pekeraan atau hal lain penyebab stres atau menggangu tidur.

Olahraga yang rutin penting untuk manfaat tidur yang berkelanjutan. Meluangkan waktu 150 menit olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang dalam satu pekan. Itu berarti, setidaknya tiap latihan 30 menit selama 5 hari.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com