JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Progres Proyek Rel Layang Joglo: Capai 13% dalam Sebulan

ilustrasi proyek palang joglo di Solo
Ilustrasi rel Layang Palang Joglo. Foto: Instagram/Dishubkominfo Solo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pengerjaan proyek rel layang Joglo saat ini telah mencapai 13 persen. Capaian tersebut merupakan hasil pengerjaan proyek selama satu bulan terakhir.

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretapiaan Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) Putu Sumarjaya, pengerjaan proyek rel layang Joglo ditargetkan pada tahapan penggeseran rel eksisting untuk kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan konstruksi pondasi pada Agustus 2022 mendatang.

“Rel eksisting digeser karena kan harus tetap jalan meski sedang proses pembangunan. Jadi tidak akan mengganggu operasional kereta api. Rel akan digeser ke kanan sekitar tiga meter,” paparnya, Senin (27/6/2022).

Baca Juga :  Terlanjur Malu Jadi Motif Penipuan Catering di Solo dengan Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

Untuk kelanjutan proyek tersebut, lanjut Putu, pihaknya akan menyiapkan rel baru kemudian dilakukan pembongkaran pada rel lama. Dia memastikan selama pengerjaan tersebut operasional kereta api menuju ke Kalioso tidak akan terganggu.

“Targetnya proyek ini selesai pertengahan tahun 2023 mendatang. Seperti diketahui, tahap pertama pembangunan akan dilakukan dari Stasiun Solobalapan sampai dengan Kalioso. Nantinya tidak semua elevated (rel layang). Panjangnya hanya kurang lebih 3 km, start-nya hanya setelah kawasan Gilingan itu naik, bentang paling panjang 134 meter,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ingin Pulihkan Perekonomian Solo, Nur Hafizin Bakul Mur Baut Pasar Klitikan Daftar Calon Wakil Walikota

Sementara itu, akan ada jalur ganda pada paket proyek rel layang yang direncanakan sampai dengan Kalioso.

“Ada jalur ganda yang pada paket satu kami rencanakan sampai dengan Kalioso, kurang lebih 7 km. Nantinya ada beberapa paket, salah satunya paket struktur, nanti ada elevated, tidak elevated, pembangunan jembatan, dan lainnya,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com