JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Puncak Kasus Varian Baru Covid-19 di Indonesia Diprediksi Terjadi Pertengahan Juli 2022

Pandemi Covid-19 masih terjadi
ilustrasi virus Corona
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebagaimana yang terjadi di beberapa negara lain, diprediksi Indonesia juga bakal mengalami kenaikan kasus varian baru Covid-19 yakni BA.4 dan BA.5.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Seperti yang terjadi di sejumlah negara, kenaikan kasus varian baru mencapai hingga 30 persen dari puncak kasus Omicron.

“Data dari Afrika Selatan, puncak kasus BA-4/5 di kisaran 30 persenan dari puncak omicron. Di Indonesia Omicron 58,000-an, estimasi kenaikan 17,400-an, dengan puncak fatality di kisaran 10 persenan puncak Omicron,” ujar Budi Gunadi dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga :  Sejak Pilpres 2004 Hingga 2024, MK Selalu Tolak Gugatan Pilpres, Prabowo Cetak ‘Hattrick’ Ditolak MK, Kini Kondisi Berbalik

Merujuk pada kasus di Afrika Selatan, Budi mengatakan puncak kasus varian BA4 dan BA5 bakal terjadi dalam 30 hari sejak ditemukannya kasus pertama.

Sehingga, jika mengikuti pola Afrika Selatan, Budi memperkirakan puncak kasus di Indonesia akan tercapai di pekan kedua dan ketiga Juli 2022.

“Kenaikan kasus konfirmasi harian sudah mencapai 2.000-an kasus per hari. Batas atas Level-1 WHO adalah 7.800 kasus per hari,” kata Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan tingkat reproduksi kasus di bawah 1 persen alias masih terkendali.

Baca Juga :  Wilayah Pacitan Diguncang Gempa Magnitudo 5.1, Ini Penjelasan BMKG

Selain itu, Budi mengatakan tingkat kasus positif juga cukup rendah di angka 3,61 persen atau masih berada di bawah standar WHO 5 persen. Namun, Budi mengatakan beberapa propinsi seperti Jakarta dan Banten sudah di atas 5 persen.

Sebagai tindak pencegahan lonjakan kasus varian BA.4 dan BA.5, Budi mengatakan pemerintah bakal mempertahankan standar protokol kesehatan yang ada, mempercepat vaksinasi booster, melakukan Sero Survey-3 di akhir Juni dan awal Juli, terakhir mereview status di awal Juli 2022.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com