JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Punya Ciri Khas, Sriyanto Saputro Sebut Karawitan Gaya Sragenan Akan Tetap Hits dan Asyik Dinikmati

“Sebagai anggota DPRD Jawa Tengah dan kebetulan Sragen ini merupakan Dapil saya, saya merasa terpanggil untuk melestarikan tradisi kesenian karawitan gaya Sragenan ini. Jangan sampai anak cucu kita tidak mengenal, jangan sampai juga orang Sragen tidak tahu punya potensi karawitan kaya Sragenan yang luar biasa ini,” urai Sriyanto.

Dalam kesempatan itu, Sriyanto juga menyempatkan unjuk suara dengan menyanyikan lagu Jawa khas Sragenan yakni “Prau Layar” yang digubah oleh sang maestro, Mbah Karno KD.

Baca Juga :  Beras Selundupan Vietnam Banjiri Pasaran, Petani Sragen Menangis

Sarana Prasarana 

Sementara, maestro karawitan Sragenan asal Ngarum, Mbah Karno KD sangat berharap seni karawitan bisa dimasukkan ke muatan lokal di pelajaran SD.

Karenanya ia meminta agar DPRD Jateng melalui peran Sriyanto Saputro untuk mendorong dinas terkait agar memperjuangkan karawitan masuk di mulok.

“Terutama di jenjang SD, agar karawitan ini bisa menjadi muatan lokal setidak-tidaknya masuk kurikulum begitu. Sehingga karawitan ini akan lebih maju dan membahana lagi. Apalagi Pak Sriyanto Saputro ini juga senang dengan kesenian Jawa,” ujarnya.

Baca Juga :  Terungkap, Ibu Bunuh Anaknya Pakai Bongkahan Cor Setengah Meja. Kepala Dihantam 8 Kali Lalu Dicangkul
Maestro seni karawitan gaya Sragenan asal Ngarum, Mbah Karno KD. Foto/Wardoyo

Tak kalah penting, Mbah Karno juga berharap adanya dukungan sarana prasarana yakni perangkat gamelan untuk masyarakat maupun sekolah.

Sehingga ada sarana untuk berlatih bagi warga maupun siswa yang nantinya akan menjadi generasi penerus untuk kelestarian seni karawitan gaya Sragenan.

“Harapan kami, Pak Sriyanto bisa terpilih jadi anggota DPR RI, sehingga bisa memperjuangkan aspirasi-aspirasi warga, salah satunya di bidang kesenian karawitan ini,” tandasnya. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com