JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Selamat, UMS Surakarta Masuk 3 Besar 10 Perguruan Tinggi Islam Terbaik Dunia. Ada UMM Malang dan UMY di 10 Besar, Berikut Daftar Lengkapnya!

Kampus UMS Surakarta. Foto/Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tiga perguruan tinggi berlabel Muhammadiyah di Indonesia sukses menerobos jajaran 10 besar kampus universitas Islam terbaik se-dunia tahun 2021.

Tiga perguruan tinggi Muhammadiyah itu masing-masing Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ketiganya masuk di jajaran top 10 kampus Islam terbaik Dunia Versi Uni Rank 2021.

Dilansir Muhammadiyah.or.id, ranking dari Uni Rank 2021 didasarkan penilaian pada tiga aspek penting yang dimiliki Universitas.

Diantaranya, pertama akreditasi di universitas, kedua melihat adanya program pascasarjana atau tidak, dan ketiga proses pembelajaran baik secara tatap muka, pembelajaran jarak jauh maupun hybrid.

Kampus UMM Malang. Foto/Istimewa

Dirikan pada 1981, UMS sendiri merupakan universitas terbaik nomor 17 di Indonesia dan nomor 1.321 di dunia. UMS menawarkan kursus dan program untuk sarjana, magister, doktor di beberapa bidang studi.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

Sedangkan UMM, didirikan pada tahun 1965 dan kini menduduki peringkat 19 Universitas terbaik se-Indonesia dan peringkat 1.442 dunia.

Sementara UMY yang didirikan pada 1981 menempati peringkat 23 Universitas terbaik di Indonesia dan peringkat 1.553 dunia.

Prestasi ini tentunya sangat membanggakan bagi Muhammadiyah dan menjadi acuan bagi kampus-kampus Muhammadiyah lainnya untuk bisa menyusul dan berkembang menjadi kampus terbaik tak hanya di Indonesia namun Dunia.

Sementara di posisi teratas, diduduki universitas asal Mesir, Cairo University disusul Shahid Beheshti University of Medical Sciences dan Universitas Muhammadiyah Surakarta di posisi 3.

Baca Juga :  Suharno, Dosen Senior Unisri Surakarta Berpulang

Di belakangnya ada Universitas Islam Antarbangsa Malaysia, Iran University of Sciences and Technology, baru kemudian Universitas Muhammadiyah Malang di ranking 6.

Empat peringkat berikutnya diduduki Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Umm Al-Qura University dan University of the Punjab. (*/Wardoyo)

Berikut 10 Universitas Islam Terbaik versi Uni Rank 2021:

  1. Cairo University
  2. Shahid Beheshti University of Medical P
  3. Sciences
  4. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  5. Universitas Islam Antarbangsa Malaysia
  6. Iran University of Sciences and Technology
  7. Universitas Muhammadiyah Malang
  8. Universitas Islam Indonesia
  9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  10. Umm Al-Qura University
  11. University of the Punjab
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com