JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Siap siap! Pintu Air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Bakal Dibuka, Ketinggian Air Diatas Normal

Warga memancing ikan di sekitar pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. JSnews. Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ini informasi penting bagi masyarakat yang bersinggungan dengan keberadaan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri maupun aliran sungai Bengawan Solo di hilirnya.

Saat ini ketinggian air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri sudah berada di atas normal. Bahkan disebut pada kondisi siaga kuning.

Lantaran itu diperlukan langkah sigap untuk menjaga agar ketinggian air Waduk Gajah Mungkur berada pada batas normal.

Langkah tersebut adalah pihak pengelola akan melakukan pelepasan air melalui pintu spillway (pelimpas). Artinya pintu air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dibuka.

Menyikapi rencana tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Kamis (2/6/2022), meminta bantuan semua pihak untuk menyampaikan informasi ini kepada publik secara luas.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

Khususnya warga di bawah bendung induk (maindam) Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, meningkatkan kewaspadaannya.

Untuk diketahui beberapa kali terjadi genangan banjir di daerah hilir ketika ada pelepasan air dari pintu spillway, telah memicu terjadi banjir di wilayah hilir. Misalnya di Sukorejo dan Kedungringin di Kelurahan Giritirto, dan di Kajen, Sanggrahan dan Salak di Kelurahan Giripurwo, Wonogiri.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto juga menunjukkan surat dari Perum Jasa Tirta I melalui Kepala Divisi Jasa ASA III, Setiyantono.

Isi surat tentang pemberitahuan rencana pembukaan pintu spillway, dalam rangka pengendalian elevasi Tinggi Muka Air (TMA) Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Rencana pembukaan pintu pelimpas itu, didasarkan pada kondisi elevasi saat ini. Dimana ketinggian air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri berada pada level siaga kuning atau di atas elevasi normal +136 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Bahkan dimungkinkan masih ada penambahan inflow akibat hujan di wilayah hulu.

Dengan situasi tersebut, diprediksikan pada waktu yang akan datang terjadi kenaikan elevasi secara cepat menuju deviasi positif 1 M. Maka ketinggian air Waduk Gajahmungkur Wonogiri perlu dikendalikan, dengan penambahan debit keluaran (pelepasan) atau uotflow, melalui terowong turbin PLTA dan atau lewat pintu spillway. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com