JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tak Perlu Antri, Obat untuk Pasien RSUD Gemolong Kini Diantar ke Rumah Secara Gratis. Juga Layani Operasi Mata Katarak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat memotong tumpeng HUT ke-12 RSUD dr Soeratno Gemolong atau RSUD Gemolong. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Rumah Sakit dr. Soeratno Gemolong (RSSG) menelorkan dua inovasi baru dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu inovasi yang dirintis adalah Layanan Sobat (Sahabat pengantar Obat). Melalui layanan ini, pasien tak perlu lagi antri obat namun bisa diantar ke rumah oleh petugas.

Hal itu disampaikan Direktur Utama RSSG, dr. Kinik Darsono saat peringatan HUT ke-12 RSSG, Minggu (26/6/2022). Ia mengatakan di usia ke 12 tahun, RSSG sudah saatnya untuk keluar rumah dan bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat sekitar.

โ€œHarapan kita diusia 12 tahun adalah rumaket dengan masyarakat, dimana agar kita menjadi pilihan masyarakat harus dekat dengan mereka dan menjadi sahabat masyarakat tanpa ada sekat. Tujuan kita adalah menciptakan RS yang tanpa sekat dengan masyarakat sehingga yang kita lakukan sekarang adalah memberdayakan linkungan masyarakat seperti UMKM (angkringan, kuliner) yang ada di sekitar RSSG,โ€ paparnya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Pilang Masaran Sragen Tolak Pembangunan Tower, Warga: Ini Masalah Kesehatan Kami

Kinik menguraikan RSSG yang awalnya adalah puskesmas Gemolong, kini telah bekerjasama dengan RS Darmais untuk rujukan operasi mata.

Saat ini, RSSG telah mempunyai layanan pengadaan mikroskop mata sehingga dokter mata sudah dapat mengoperasi mata dengan pasien penyakit katarak.

Dalam rangka menuju digitalisasi RS, RSSG juga mempunyai inovasi baru yaitu Rekam Medik Elektronik yang menggunakan sistem aplikasi dan terintegrasi.

Sehingga diharapkan satu bulan ke depan dapat dilaksanakan secara paperless.

Inovasi digital yang kedua adalah Layanan Sobat (Sahabat pengantar obat) yang memberikan kemudahan pasien untuk mendapatkan obat.

Melalui inovasi itu, pasien kini bisa mendapat obat tanpa antri di apotek namun langsung diantar ke rumah.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

“Layanan tersebut dalam tahap uji coba telah dilakukan sampai jarak 15 km (wilayah Gemolong dan Sumberlawang) dan saat ini masih dilayani secara gratis khususnya untuk pasien rawat jalan,” urainya.

Petugas pengantar nantinya akan memastikan obat yang telah diresepi oleh dokter sampai dengan selamat kemudian obat akan difoto sebagai bukti telah diterima.

Sementara, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya berpesan HUT ke-12 diharapkan RSSG dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

โ€œSelamat ulang tahun Rumah Sakit dr Soeratno Gemolong harapan saya semoga bisa meningkatkan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat. Kita harus siap apabila masyarakat yang datang membutuhkan pertolongan ke Rumah Sakit ini agar dapat dilayani dengan baik,” pesannya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com